Setahun Jadi Desa Binaan, MNC Peduli Harap Kemajuan Pantai Bakti

Kamis, 25 Maret 2021 - 20:55 WIB
loading...
Setahun Jadi Desa Binaan, MNC Peduli Harap Kemajuan Pantai Bakti
MNC Peduli selama tahun 2020 dengan pengembangan masyarakat di desa binaan tepatnya di Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Foto: Abdullah M Surjaya/SINDOnews
A A A
BEKASI - Sebagai bentuk tanggung jawab sosial yang berkesinambungan, salah satu program MNC Peduli selama tahun 2020 dengan pengembangan masyarakat di desa binaan tepatnya di Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi . Desa di pesisir Utara Bekasi ini secara geografis bisa dikatakan terisolir dimana mayoritas warganya bekerja sebagai nelayan tradisional.

Untuk mendorong peningkatan kesejahteraan warga di Desa Pantai Bakti, MNC Peduli kerap melakukan berbagai macam aktivitas sosial. Salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan yakni penyuluhan gizi yang baik untuk mengantisipasi stunting. MNC Peduli memberikan peningkatan untuk pengetahuan warga setempat.

Khususnya ibu hamil maupun ibu-ibu yang memiliki anak balita mengenai ketercukupan asupan gizi terhadap ibu hamil dan anakyang merupakan faktor utama untuk menjaga ketercukupan gizi terhadap tumbuh kembang anak. Selama tahun 2020, MNC Peduli bersama posyandu setempat mengadakan serangkaian kegiatan penyuluhan serta pemberian makanan dan minuman bergizi.

Untuk membantu peran perempuan meningkatkan potensi diri agar mampu mandiri dan berdikari, beberapa kegiatan pemberdayaan perempuan telah dilaksanakan. Mengolah sumber daya lokal menjadi produk yang bernilai ekonomis dengan mengelola usaha skala rumahan dapat membantu perekonomian keluarga seperti kerajinan limbah plastik dan kerang serta perca untuk pembuatan tote bag.

MNC Peduli juga fokus terhadap pendidikan dasar, khususnya anak usia sekolah dasar yang berpusat di SDN 02 Desa Pantai Bakti. Program bertujuan terhadap peningkatan kepedulian terhadap lingkungan dan kenyamanan dalam proses belajar mengajar, meningkatkan kemandirian dan imajinasi anak didik dalam mengolah informasi yang di dapat, serta dapat menerapkan pengelolaan sekolah melalui kaidah konsep Green School.

Bantuan lainnya yang bersifat pengadaan sarana dan prasarana seperti pembangunan MCK, perbaikan rumah ibadah dan pengadaan peralatan TPA juga telah dilaksanakan. Kegiatan sosial kemasyarakatan seperti pengadaan alat bantu dengar dan kursi roda kepada warga disabiltas, pemberian sembako, bersih pantai, pemberian nasi kotak, diharapkan membantu warga desa binaan.

Karena lokasinya yang berada di pesisir, Desa Pantai Bakti juga kerap menjadi lokasi yang terdampak banjir rob selain bantuan bencana yang telah diberikan untuk membantu warga sekitar, MNC Peduli bersama warga juga melakukan kegiatan lingkungan dengan menanam mangrove, membagikan bibit pohon produktif kepada warga serta menanam tanaman keras di lingkungan sekitar.

Kasi Pelayanan Desa Pantai Bhakti, Yahya menyampaikan apresiasinya kepada MNC Peduli yang sangat peduli dengan warganya.

“Kami mewakili pemerintah atau Kepala Desa Pantai Bakti sangat berterima kasih apalagi disaat pandemi sangat-sangat membantu sekali kepada masyarakat kami yang telah menerima bantuan dari MNC Peduli selama setahun ini,” kata Yahya di lokasi, Kamis (25/3/2021).

Untuk itu, dia berharap kedepan tidak putus sampai disini bantuan yang terus mengalir dari MNC Peduli. Dia juga menyampaikan terima kasih atas seluruh kegiatan yang sudah dilaksanakan untuk warga setempat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)