Permudah Evakuasi, Badan Pesawat Trigana Air Dipotong Beberapa Bagian

Minggu, 21 Maret 2021 - 15:56 WIB
loading...
Permudah Evakuasi, Badan Pesawat Trigana Air Dipotong Beberapa Bagian
Pesawat Trigana Air PK-YSF yang keluar landasan saat mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur dipotong menjadi beberapa bagian untuk memudahkan evakuasi. Foto/Pen Lanud Halim Perdanakusuma
A A A
JAKARTA - Pesawat Trigana Air PK-YSF yang keluar landasan saat mendarat akibat kendala teknis di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur dipotong menjadi beberapa bagian. Hal itu untuk memudahkan evakuasi pesawat oleh tim gabungan TNI Angkatan Udara (AU) bersama PT. Angkasa Pura II dalam hal ini Lanud Halim Perdanakusuma dan Bandara Halim Perdanakusuma.

“Bersama dengan tim Bandara Halim Perdanakusuma proses evakuasi dilakukan sejak Sabtu, 20 Maret 2021, malam mulai pukul 19.00 WIB. Agar dapat dievakuasi, pesawat dipotong-potong menjadi beberapa bagian sehingga dapat diangkut dan dipindahkan,” ujar Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Bambang Gunarto, Minggu (21/3/2021).

Danlanud menyebut, sekitar 50 personel dari Lanud Halim Perdanakusuma dan beberapa alat berat seperti Crane, Keyloader, Forklift, Lowbed Truck, Towing Tractor, kendaraan taktis, mobil Damkar serta mobil VCP dikerahkan untuk membantu proses evakuasi sehingga Bandara Halim Perdanakusuma dapat segera beroperasi kembali.

”Untuk sementara, potongan-potongan pesawat ini akan diletakkan di sekitar Hanggar Skadron Teknik 021 dan menunggu perencanaan selanjutnya. Diharapkan, jika tidak ada kendala, sore nanti evakuasi dapat diselesaikan dan Bandara Halim Perdanakusuma akan dapat kembali beroperasi dengan normal,” kata Danlanud.

Permudah Evakuasi, Badan Pesawat Trigana Air Dipotong Beberapa Bagian


Seperti diketahui, pesawat Trigana Air PK-YSF yang membawa kargo dengan rute Halim Perdanakusuma menuju Makassar mengalami insiden setelah melakukan prosedur Return to Base (RTB) karena adanya kendala teknis, yang mengakibatkan pesawat keluar landasan.

Berkaitan dengan insiden ini, TNI AU dalam hal ini Lanud Halim Perdanakusuma juga turut mengerahkan personel dan peralatannya untuk membantu proses evakuasi pesawat bersama dengan Bandara Halim Perdanakusuma, mulai dari penanganan kondisi kedaruratan awal hingga evakuasi pesawat.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5646 seconds (0.1#10.140)