Polemik Pelegalan Miras Sindir Janji Anies Soal Bir, Apa si Masalahnya?  

Senin, 01 Maret 2021 - 17:58 WIB
loading...
A A A
"Semua masih dalam pembahasan. PT Delta itu kan perusahaan terbuka jadi ya pasti kita akan ke OJK," kata Michael. Michael menjelaskan, saham pemprov di PT Delta sudah ada sejak tahun 70-an. Saat itu, Ibu Kota di bawah kepemimpinan Ali Sadikin. Kini, saham yang dimiliki sebesar 26,25 persen. Jumlah itu merupakan gabungan dari 23,34 persen saham Pemprov DKI dan 2,91 persen milik Badan Pengelola Investasi dan Penyertaan Modal Jakarta.

Laba bersih PT Delta Djakarta pada 2013 sebesar Rp270,4 miliar, lalu 2014 naik menjadi Rp288,4 miliar. Pada 2015 sempat turun menjadi Rp192 miliar. Namun, pada tahun 2016, perusahaan mencatatkan keuntungan atau laba bersih perusahaan sebesar Rp254 miliar. Sementara tahun 2017 tercatat sebesar Rp144 miliar. Dengan saham yang dimiliki, Pemprov DKI mendapat dividen atau pembagian keuntungan kurang lebih Rp37 miliar. "Jika saham di PT Delta dilepas, pemprov harus mencari pemasukan dari sektor lain. Kan investasi itu tergantung kebutuhan. Kalau ada yang dilepas berarti harus ada pengganti," katanya.

Seiring proses kajian untuk melepas saham bir di PT Delta, sejumlah frkasi partai di DPRD DKI Jakarta menolak. Di antaranya yaitu PDI Perjuangan, Nasdem, Hanura dan PPP. Sebab, untuk melepas saham diperlukan izin dari legislatif.

Gubernur Anies akhirnya meminta warga DKI Jakarta untuk mereview para Calon legislatif (caleg) DPRD DKI Jakarta pada pemilu serentak 2019 atas penolakannya terhadap pelepasan saham bir di PT Delta. Menurutnya, sejak Mei 2018, pihaknya sudah menyampaikan kepada Dewan bahwa DKI memiliki dana sekitar Rp1,2 Triliun yang diparkir di perusahaan bir. Dimana, apabila dilepas dan dialokasikan ke dalam pembangunan, dana Rp1,2 Triliun lebih sangat bermanfaat.

Apalagi, pendapatan saham hanya sekitar Rp 38 Miliar yang tidak berbeda jauh dengan pendapatan pajak dari tempat hiburan Alexis yang ditutup beberapa waktu lalu.

"Jadi Alexis ditutup gak terasa tuh di Jakarta. Sekarang kalau ditutup maka kita dapat uang Rp1,2 Triliun. jika kita menunggu dari deviden untuk sampai angka Rp1,2 Triliun itu perlu waktu sampai 40 tahun. Kita harap dewan akan menyetujui, dan dewan pertanggungjawabkan pada rakyat karena mereka adalah wakil rakyat saya rasa Jakarta lebih butuh air bersih bukan air beralkohol itu kebutuhan Jakarta hari ini," tegasnya.

(mhd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3402 seconds (0.1#10.140)