Lawan Covid-19, Lansia di Jakarta Utara Divaksin Covid-19

Senin, 22 Februari 2021 - 15:04 WIB
loading...
Lawan Covid-19, Lansia di Jakarta Utara Divaksin Covid-19
Warga lansia mulai menjalani vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto: Yohannes Tobing/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagai upaya penanggulangan penyebaran Covid-19 , sejumlah warga lanjut usia (lansia) mulai menjalani vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung Priok dr. Balqis Rahmah mengatakan, pencanangan vaksinasi bagi lansia ini digelar selama dua hari, pada Sabtu 20 Februari 2021 dan Minggu 21 Februari 2021. Dengan peserta vaksin sebanyak 50 peserta dan berusia 60 tahun keatas tiap harinya.

"Jadi hari ini kita mulai dengan pencanangan vaksinasi lansia di atas usia 60 tahun. Vaksinasi ini digelar selama dua hari mulai Pukul 08.00-14.00 WIB," kata Balqis saat dikonfirmasi, Senin (22/2/2021).

Menurut Balqis, Vaksinasi ini merupakan program lanjutan untuk mencegah covid-19 setelah sebelumnya dilakukan pada tenaga kesehatan (nakes).

"Bagi peserta lansia yang telah divaksin, kami sosialisasikan agar tetap mematuhi protokol kesehatan meski telah menerima vaksinasi," jelasnya.

Sementara itu Ketua Forum Komunikasi Lanjut Usia (FKLU) Jakarta Utara Hj Ratih menerangkan, sosialisasi terus digencarkan agar lebih dari 10 ribu warga lanjut usia di Jakarta Utara mengikuti program vaksinasi Covid-19 ini.

Ratih berpesan agar warga lansia tidak khawatir terhadap program vaksinasi Covid-19 karena terdapat tahapan skrining kesehatan oleh dokter sebelum menerima vaksin tersebut.

"Sejak kemarin dan sebelumnya kami sudah mulai gencarkan sosialisasi ini melalui pengurus FKLU tingkat kota, kecamatan dan kelurahan. Kader-kader FKLU juga kami perintahkan untuk sosialisasikan program ini berkolaborasi dengan pengurus RT/RW setempat," tutupnya.

Selain di RSUD Tanjung Priok, pencanangan program vaksinasi Covid-19 selama dua hari ini juga digelar di RSUD Tugu Koja. Kedua lokasi ini memiliki masing-masing 50 kuota peserta untuk setiap harinya.

(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)