Tahap 2, Kabupaten Bekasi Ajukan 468 Ribu Dosis Vaksin Covid-19

Jum'at, 19 Februari 2021 - 02:19 WIB
loading...
Tahap 2, Kabupaten Bekasi Ajukan 468 Ribu Dosis Vaksin Covid-19
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi kembali mengajukan 468.000 dosis vaksin Covid-19 bagi 234.000 petugas pelayanan publik yang akan menjalani vaksinasi tahap kedua. Pada tahap pertama, Kabupaten Bekasi menerima alokasi vaksin sebanyak 20.920 dosis untuk tenaga kesehatan.

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmadja mengatakan, pemerintah melalui Satgas Covdi-19 telah melayangkan surat pengajuan maupun secara lisan disampaikan untuk pencepatan distribusi vaksin tahap dua."Sudah kita ajukan, agar tidak terulang seperti tahap pertama karena Kabupaten Bekasi itu prioritas," katanya di Bekasi, Kamis 18 Februari 2021.

Rencanannya, kata dia, vaksinasi tahap kedua diperuntukkan bagi anggota TNI, Polri, aparatur sipil negara, tenaga pendidik, petugas pemadam kebakaran, Satpol PP, hingga pedagang pasar. Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua paling cepat di Maret 2021 meski hal itu bergantung pada ketersediaan vaksin yang didistribusikan ke wilayahnya.

"Kita sudah buat skema, kalau ketersediaan vaksin cukup itu kita bisa kejar pelaksanaan vaksinasi tahap kedua dalam satu bulan. Sementara fokus kami saat ini menyelesaikan vaksinasi tahap pertama," ungkapnya. Saat ini, pemberian vaksin tahap pertama bagi para tenaga kesehatan sudah hampir selesai.

10.418 tenaga kesehatan di wilayahnya sudah menerima vaksin dosis pertama sementara untuk dosis keduanya telah menjangkau 54 persen dari jumlah keseluruhan. "Dosis pertama sudah 100 persen, dosis kedua sudah 54 persen. Target kami di tanggal 20 Februari nanti sudah selesai semua," ucapnya.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah menambahkan, pemerintah setempat masih menunggu distribusi vaksin bagi tenaga kesehatan yang belum menerima suntik vaksin di tahap pertama ini. "Masih ada lima ribu nakes yang belum divaksin karena total nakes di kita ada 15.000 lebih," imbuhnya.

Saat ini, kata dia, Kabupaten Bekasi baru mendapat alokasi vaksin untuk 10.000 tenaga kesehatan. Rencananya pemberian vaksin kepada nakes ini bersamaan dengan vaksinasi tahap kedua nanti. "Untuk tahap dua, kita sudah usulkan kepada pemerintah pusat, tinggal menunggu distribusi tahap dua," tegasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2251 seconds (0.1#10.140)