Bupati Bekasi: Kampanye Pentahelix 5 Juta Masker Aice Group Perkuat Persatuan Melawan Pandemi

Rabu, 10 Februari 2021 - 12:15 WIB
loading...
A A A
Mulyana menilai langkah positif Aice Group membangun ketangguhan industrinya, baik di kalangan pekerja hingga masyarakat sekitar perlu dipertahankan. Pihak perusahaan memegang peranan penting dalam melakukan pencegahan pandemi saat ini. Karyawan memiliki irisan partisipasi dalam mencegah perburukan pandemi baik di tempat tinggalnya maupun di perusahaan tempat ia bekerja.

“Saya sangat kagum dengan kiprah kepedulian Ace Group. Bukan hanya memperkuat internal grup sendiri namun juga peduli sekali kepada masyarakat dan pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanganan covid 19. Saya berharap, jika para pelaku industri lainnya memiliki kepedulian yang sama maka industri tangguh covid di Kabupaten Bekasi akan semakin kuat,” kata Mulyana.

Ia menambahkan bahwa misi kolektif melawan korona di Bekasi perlu terus diperkuat karena wilayah ini adalah salah satu industri terbesar di Indonesia. Mayoritas penduduknya adalah masyarakat industri. Sehingga jika industri tangguh covid perlu terus di perkuat akan mampu menjaga stabilitas ekonomi masyarakat dan kesehatannya.

Sebaliknya, jika tidak ada kerja sama dan sektor industri terpukul pandemi, maka akan berdampak buruk pada kondisi ekonomi dan kesehatan masyarakat luas. Menurutnya, yang perlu terus diperkuat adalah aspek kesadaran para pelaku industri dalam meningkatkan Prokes di internal perusahaannya masing-masing. Dan menjalankan pencegahan dan penanganan yang maksimal.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Corporate Human Resources Aice Group Antonius Hermawan Susilo mengatakan bahwa Aice Group menempatkan soal keselamatan para pekerjanya sebagai salah satu bagian dari prinsip Best Compliance.

“Sejak awal Pandemi ini terjadi, Aice sudah menjalankan berbagai Protap pencegahan Covid-19. Perusahaan membuat sistem deteksi, pelaporan, isolasi dan perawatan dini di berbagai instalasi produksinya. Kami menjalankan proses tersebut baik lewat infrastruktur klinik yang ada di dalam pabrik, maupun dengan klinik terdekat dari perusahaan,” jelas Antonius.

Aice melakukan Rapid Test secara reguler kepada karyawannya. Aice Group menjadikan langkah testing bukan hanya menjadi urusan K3 perusahaan. Kegiatan ini sudah menjadi bagian penting business process dari Aice Group.

Protokol pencegahan yang dijalankan perusahaan mencakup pembagian masker medis ke karyawan untuk keperluan di tempat kerja dan rumah, mewajibkan pemakaian masker medis dan face shield, disinfektan bagi semua orang yang memasuki area pabrik, mengistirahatkan sementara karyawan hamil, melakukan sosialisasi dengan pembagian brosur pencegahan covid 19, dan melakukan sosialisasi dan edukasi lewat pertemuan para pekerjanya.

Sejak awal Pembatasan Sosial Berskala Besar tahun lalu lalu, Aice menjalankan berbagai prosedur penanganan dan pencegahan virus Covid-19 sebagai upaya bersama dari fungsi manajemen dari mulai operasi, SDM hingga legal dan security perusahaan. Hal ini menjadi bagian protokol usaha yang penting dalam menjaga kesehatan seluruh karyawan, keluarganya termasuk distributor.

Dalam kesempatan distribusi 5 juta masker medis tersebut, Sylvana menilai setidaknya ada dua kunci sukses keberhasilan yang saling berkorelasi dalam menimalisasi penularan. Daya tahan masyarakat suatu daerah dalam melawan virus korona sangat ditentukan oleh adanya integrasi kepemimpinan yang tegas dengan partisipasi tinggi masyarakat menjalankan Prokes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)