Punya Fasilitas Lengkap, Begini Syarat Pasien Covid-19 Dirawat di RSL Kota Bogor

loading...
Punya Fasilitas Lengkap, Begini Syarat Pasien Covid-19 Dirawat di RSL Kota Bogor
RSL Kota Bogor resmi beroperasi hari ini usai diresmikan Kepala Pusdiklat PB BNPB Berton Panjaitan dan Wali Kota Bogor Bima Arya. Foto: Dok Pemkot Bogor
BOGOR - Rumah Sakit Lapangan (RSL) khusus Covid-19 di Jalan Pemuda, Kota Bogor, resmi beroperasi setelah diresmikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Wali Kota Bogor Bima Arya, Senin (18/1/2021).

RSL yang dibangun hanya dalam waktu dua pekan ini tak lepas dari dukungan dan anggaran BNPB, mengingat pasien Covid-19 terus meningkat. Sementara okupansi bed rumah sakit di Kota Bogor sudah penuh.

Baca juga: RS Lapangan Bogor Beroperasi Hari Ini, Tahap Awal Terima 28 Pasien COVID-19

Kepala RSL Kota Bogor, Yeti Hariyati mengatakan, rumah sakit darurat ini akan menjadi tempat merawat pasien Covid-19 rujukan dari puskesmas atau rumah sakit. Rujukan ini berarti pasien sudah melakukan tes swab PCR dan hasilnya positif Covid-19.



Dalam menentukan gejala pasien, pihaknya menggunakan alat Early Warning Score System (EWSS) yang dapat melihat tekanan darah, laju nafas, saturasi oksigen, dan tingkat kesadaran. Sehingga dalam satu langkah pihaknya bisa melihat pasien masuk kriteria mana.

"Kalau ada gejala ringan dan atau orang tanpa gejala namun ada komorbid seperti diabetes, jantung, hipertensi dan lainnya, dirawat di sini," kat Yeti.

Baca juga: Baru Dibuka, RS Darurat Secapa AD Langsung Diserbu Pasien COVID-19



Fasilitas RSL Kota Bogor terbilang lengkap. Di lantai 3 terdapat 28 bed untuk pasien laki-laki. Lalu di lantai 2 terdapat 28 bed untuk pasien perempuan. Sedangkan di lantai 1 ada delapan bed di IGD dan sudah termasuk dua bed di ruang intermediate care unit.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top