Disimpan di Cold Chain, Vaksin Sinovac Dijaga Ketat Aparat

Selasa, 12 Januari 2021 - 17:34 WIB
loading...
Disimpan di Cold Chain, Vaksin Sinovac Dijaga Ketat Aparat
Petugas tengah mengecek 14.060 dosis Vaksin Sinovac yang disimpan di Cold Chain, Bekasi. Foto: Abdullah M Surjaya/SINDOnews
A A A
BEKASI - Setelah tiba di Kota Bekasi ,14.060 dosis Vaksin Sinovac langsung disimpan di tempat khusus yang telah disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi . Vaksin Sinovac inidikirimkan dari Biofarma Bandung menggunakan Pos Logistics ke UPTD Intalasi Farmasiyang berada diKompleks Perumahan Bumyagara dan langsung dijaga ketat petugas kepolisian.

“Kita simpan di tempat khusus yang memastikan akan keamanan dari Vaksin Sinovac ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati kepada wartawa di Bekasi, Selasa (12/1/2021). ( )

Menurut dia, tempat vaksin ini memiliki suhu tertentu sesuai standar dari Kementerian Kesehatan sehingga tidak mungkin menyimpan vaksin inisecarasembarangan.

Oleh karena itu, kata dia,diperlukan cold chain untuk penyimpanan bagi tempat vaksin, lalu vaksin calier itu membawa pada saat pelaksanaan.Selain cold chain, ada alternative lain, yang lebih banyak banyak dimiliki setiap lokasi penyimpangan vaksin di daerah. Alternatif lain yakni kulkas dua pintudengan standar tinggi.

“Ada alternatif lain memang yang lebih dipunyai oleh semuanya yaitu dengan kulkas dua pintu dengan catatan itu tidak boleh dibuka tutup,” ungkapnya. ( )

Sedangkan di Kota Bekasi menggunakancold chain sebagaitempat penyimpangan vaksin tersebut. Hal itu dikarenakan dirasa lebih aman dan sesuai standar.

Saat ini, pemerintah daerahtelah berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI untuk melakukan penjagaan di area gudang penyimpangan vaksin tersebut. ( )

“Tentu juga akan dilakukan penjagaa ketat aparat di area lokasi penyimpanan vaksin, untuk menghindari terjadinya hal tak diinginkan,” tegasnya.

(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)