14.060 Dosis Vaksin COVID-19 Sinovac Tiba di Kota Bekasi

Selasa, 12 Januari 2021 - 16:02 WIB
loading...
14.060 Dosis Vaksin COVID-19 Sinovac Tiba di Kota Bekasi
Sebanyak 14.060 dosis vaksin COVID-19 Sinovac tiba di UPTD Instalasi Farmasi, Kompleks Perumahan Bumyagara, Jalan Bayan 1 No 1, Kelurahan Mustikajaya, Kota Bekasi, Selasa (12/1/2021). SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A A A
BEKASI - Sebanyak 14.060 dosis vaksin COVID-19 Sinovac tiba di UPTD Instalasi Farmasi, Kompleks Perumahan Bumyagara, Jalan Bayan 1 No 1, Kelurahan Mustikajaya, Kota Bekasi , Selasa (12/1/2021). Rencananya, vaksin ini akan didistribusikan kepada ribuan tenaga Kesehatan di Kota Bekasi.

Vaksin yang dikirim dari Biofarma Bandung, Jawa Barat, itu tiba di UPTD Instalasi Farmasi Kota Bekasi pukul 13.45 WIB. ”Sebanyak 14.060 sudah kami terima dari pemerintah pusat dan bulan ini akan mulai kita distribusikan kepada seluruh tenaga kesehatan di Bekasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati.

Menurut dia, belasan ribu vaksin itu akan langsung didistribusikan pada tahap pertama. Dinas Kesehatan dalam hal ini menjadi leading sektor harus mempersiapkan terkait perangkatnya, termasuk keperluan penunjang. (Baca juga; Perketat PPKM, Kota Bekasi Razia Setiap Wilayah )

”Sebagaimana arahan pak Wali Kota, secepatnya vaksinasi masal pada tahap pertama akan kami lakukan,” ucapnya. (Baca juga; 9.160 Dosis Vaksin COVID-19 Tiba di Kota Bogor, Bima Arya : Kita Sudah Siap )

Saat ini, kata dia, Kota Bekasi sudah memberikan pelatihan sesuai dengan jumlah layanan yakni 120 vaksinator yang sudah dilakukan pelatihan. Pihaknya juga telah mempersiapkan tim ahli untuk penanganan apabila terjadi rekasi diluar normal pasca dilakukan vaksinasi.”Maka kami sudah membentuk tim keepy yang terdiri dari dokter-dokter spesialis,” ungkapnya.

Untuk tahap pertama ini, sesuai dengan petunjuk teknis pedoman yang diberikan oleh Kemeneterian Kesehatan, pastinya tahap pertama diperuntukkan tenaga kesehatan yang menjadi sasaran terlebih dahulu dalam penerimaan vaksin. Saat ini, Dinkes Kota Bekasi telah melakukan persiapan untuk pelaksanaan vaksin di 120 layanan kesehatan.

Di antaranya di 46 rumah sakit, 442 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan 32 klinik. Untuk itu, Tanti berharap pemberian vaksinasi ini dapat menurunkan kasus Covid-19. Bahkan, pandemi corona ini segera hilang.”Harapannya dari pusat hingga ke daerah tentunya pasti berkeinginan untuk penurunan kasus COVID-19 agar segera cepat tertangani,” tegasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)