Pemerintah Siapkan Bus Gratis Angkut Pengguna KRL Commuter Line

Jum'at, 15 Mei 2020 - 09:29 WIB
loading...
Pemerintah Siapkan Bus Gratis Angkut Pengguna KRL Commuter Line
Kondisi KRL Jabodetabek sebelum masa PSBB. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Para pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek diminta agar tidak memaksakan diri untuk naik jika memang kapasitas penumpang sesuai dengan ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah terpenuhi. Pengguna KRL bisa menggunakan moda transportasi lain.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Polana B Pramesti mengatakan, jika kondisi penumpang tetap padat di massa PSBB, pemerintah akan menyediakan angkutan bus alternatif bagi pengguna KRL Commuter Line.

“Bus tersebut akan dioperasionalkan jika terjadi kondisi memaksa dimana terjadi kepadatan jumlah penumpang KRL pada waktu tertentu,” kata Polana di Jakarta, Jumat (15/5/2020). (Baca juga: Akibat Wabah Corona, Jumlah Pengguna KRL Turun Hampir 70%

Polana menegaskan bahwa angkutan alternatif bus itu sama sekali tidak dipungut biaya. Namun pengguna tetap diminta untuk mematuhi protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“Para pengguna KRL dapat memanfaatkan alternatif angkutan dari dan ke Jakarta ini tanpa dipungut biaya. Dalam memberikan layanan, bus juga diatur mengikuti protokol Covid-19 antara lain kapasitas hanya 25 orang (50% dari kapasitas) setiap bus sehingga tempat duduk pengguna tetap berjarak satu sama lain, dan seluruhnya wajib menggunakan masker,” tandasnya. (Baca juga: Mulai Selasa, Operasional KRL Commuter Line hanya Sampai Jam 8 Malam)

Layanan akan disediakan pada Jumat 15 Mei 2020 dan Senin 18 Mei 2020. Adapun untuk titik dan jadwal keberangkatan bus tersebut adalah sebagai berikut:

1. Jumat 15 Mei 2020, jam keberangkatan pukul 16.00-16.30 WIB

Rute Jakarta-Bogor
-Stasiun Dukuh Atas Sudirman -Terminal Baranangsiang Bogor (2 unit bus).
-Stasiun Manggarai-Terminal Baranangsiang Bogor (2 unit bus).
-Stasiun Tebet-Terminal Baranangsiang Bogor (2 unit bus).

Rute Jakarta-Bekasi
-Stasiun Dukuh Atas Sudirman-Terminal Bekasi (2 unit bus).
-Stasiun Manggarai- Terminal Bekasi (2 unit bus).

2. Senin 18 Mei 2020, jam keberangkatan pukul 05.00-06.00 WIB
Rute: Bogor-Jakarta, dengan titik keberangkatan dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Dukuh Atas Sudirman Jakarta dengan jumlah armada lima unit bus.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)