Ini Penyebab Longsor di Jalur Puncak Bogor

Senin, 11 Januari 2021 - 09:00 WIB
loading...
Ini Penyebab Longsor di Jalur Puncak Bogor
Petugas tengah membersihkan material longsor di Jalur Puncak, Bogor, Senin (11/1/2021). Foto/BPBD Kabupaten Bogor
A A A
BOGOR - Longsor yang terjadi di Jalur Puncak , Kabupaten Bogor, diduga adanya mata air warga yang meluap karena tersumbat. Sehingga, luapan air tersebut memicu terjadinya longsor di bawahnya.

"Saat kejadian tidak hujan, namun di atas longsoran itu terdapat aliran air dan mata air (tempat warga biasa ambil air). Patut diduga aliran air tersumbat sehingga meluap," kata Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor Adam Hamdani kepada MNC Portal Indonesia, Senin (11/1/2021).

Longsor tersebut menutup Jalur Puncak dengan panjang sekitar 20 meter. Petugas gabungan dari BPBD, Polri-TNI dan Pemadam Kebakaran diterjunkan ke lokasi untuk membersikan material longsor. ( )

"Panjang jalan tertutup sekitar 20 meteran. Saat ini penanganan dengan satu alat berat dari Dinas PUPR dan tenaga manusia. Dilanjut penyemprotan oleh truk high pressure BPBD Kabupaten Bogor," jelas Adam.

Saat ini, material longsor sudah berhasil dibersihka oleh petugas. Tinggal melakukan penyemprotan air agar kendaraan yang akan melintas tidak tergelincir.

"Diupayakan secepatnya bisa terbuka dan dilalui lalin dua arah yang semalam ditutup total," tambahnya. ( )

Terpisah, Kasat Lantas Polres Bogor Iptu Dicky Anggi Pranata menyebutka bahwa dampak longsoran ini memang sempat ditutupnya Jalur Puncak dari kedua arah. Namun, tak lama lagi Jalur Puncak bisa dibuka.

"Tinggal dibersihiin, disemprot biar aman dilalui. Sebentar lagi Insya Allah sudah bisa dilalui," ucap Dicky. ( )

(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)