Catat! Ini Jadwal Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Bogor Raya

Selasa, 05 Januari 2021 - 17:47 WIB
loading...
Catat! Ini Jadwal Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Bogor Raya
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
BOGOR - Pemerintah merencanakan program vaksinasi Corona Virus Disease (Covid-19) dimulai pada 13 Januari 2021. Namun, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota Bogor (Bogor Raya) menginginkan program vaksinasi dilakukan 15-16 Januari 2021.

"Meski pelaksanaan vaksinasi serentak baru akan dimulai pada Rabu 13 Januari 2021 mendatang, namun Bogor menginginkan program vaksinasi ini bisa dilaksanakan pada Jumat 15 Januari," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor Irwan Purnawan, Selasa (5/1/2021). (Baca juga: Dalam Sehari Ada 20 Ribu Warga DKI Bakal Disuntik Vaksin Covid-19)

“Kami dari pemerintah daerah ingin vaksinasi ini bisa dilakukan dua hari setelah pemerintah pusat. Tapi ini baru pengajuan pada rapat, belum menjadi keputusan," tambah Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor itu.

Ia menyebutkan, Pemkab Bogor telah mengajukan 1,2 juta vaksin kepada pemerintah pusat. Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah vaksin yang akan didapat.

“Informasi terakhir, pada tahap pertama ini Pemkab Bogor bakal menerima 10.185 vaksin,” ucapnya. (Baca: Kasus Pasien Terkonfirmasi Positif di Bogor Raya Bertambah 120 Orang Dalam Sehari)

Adapun penerima program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor untuk tahap pertama yang menjadi prioritas, yakni tenaga kesehatan (Nakes), Polri/TNI, ASN, dan masyarakat.

Untuk pendistribusian vaksin tersebut, rencananya Pemkab Bogor bakal menggunakan 121 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes), seperti Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), hingga rumah sakit swasta yang sudah dipilih Pemkab Bogor. (Baca juga: Perawat Ini Meninggal Sehari usai Disuntik Vaksin COVID-19 Pfizer)

“Proses vaksinasi ini akan kami lakukan di 121 Faskes. Seperti 101 puskesmas, empat RSUD, tujuh rumah sakit swasta, tujuh klinik swasta dan milik polri, Rumah Sakit Paru dan Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) Dr M Hassan Toto,” tukasnya.

Catat! Ini Jadwal Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Bogor Raya


Di tempat terpisah, Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, sebanyak 9.669 tenaga kesehatan (nakes) fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di Kota Bogor sudah siap menjalani dan melayani vaksinasi yang akan digelar 16 Januari 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)