Cegah Konvoi Malam Tahun Baru, Polsek Cisauk Tutup Akses 2 Jalan Ini

Kamis, 31 Desember 2020 - 21:52 WIB
loading...
Cegah Konvoi Malam Tahun Baru, Polsek Cisauk Tutup Akses 2 Jalan Ini
Kapolsek Cisauk, AKP Fahad Hafidhulhaq saat apel persiapan menjelang malam pergantian tahun, Kamis (31/12/2020). Okezone/Hambali
A A A
TANGERANG SELATAN - Kepolisian menutup sejumlah akses jalan yang biasanya dilalui konvoi untuk merayakan malam pergantian tahun di wilayah hukum Polres Tangerang Selatan (Tangsel). Di antaranya berada di Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang .

Secara administratif wilayah itu memang berada di Kabupaten Tangerang. Namun untuk penanganan masalah hukumnya menginduk di bawah kendali Polres Tangerang Selatan. Jadi Polsek Cisauk bertanggung jawab pada dua kecamatan sekaligus, yakni Cisauk di Kabupaten Tangerang dan Setu di Kota Tangsel.

Pada malam pergantian tahun sebelumnya, kebanyakan warga merayakannya dengan berkonvoi menuju titik-titik lokasi keramaian di sana. Namun untuk malam ini, petugas memastikan tak boleh ada konvoi ataupun kerumunan massa lebih dari 5 orang. Hal demikian menjadi ketentuan demi mengantisipasi sebaran COVID-19 yang kian meluas.

Kapolsek Cisauk, AKP Fahad Hafidhulhaq, menerangkan, aktivitas perniagaan atau sejenisnya diharuskan tutup sejak pukul 19.00 WIB. Begitu pula konvoi atau perayaan pergantian tahun dilarang tanpa kecuali. Masyarakat diminta tetap berada di rumah masing-masing.

"Malam pergantian tahun ini tentu berbeda dengan tahun sebelumnya, karena situasi pandemi. Karena itu kita telah siapkan pola dan pengamanan yang berbeda," katanya di Mapolsek Cisauk. (Baca juga; Malam Tahun Baru, Warga Depok, Tangsel dan Tangerang, Dilarang Masuk Jakarta )

Polsek Cisauk pun telah berkoordinasi dengan TNI, Satpol PP, perangkat kecamatan, serta Organisasi kemasyarakatan (Ormas) untuk menggelar patroli bersama malam ini. Total ada 84 personel yang dilibatkan dan bersiaga di beberapa lokasi.

"Kalau masih ditemukan kerumunan maka pasti akan kami tindak. Sudah disiapkan personelnya, jadi ada yang disebar menjaga di titik-titik tertentu, ada pula yang menyisir dengan berpatroli," jelasnya.

Menurut Fahad, beberapa wilayah favorit untuk menggelar keramaian di wilayah Polsek Cisauk adalah Pasar Intermoda, The Icon, Foresta, dan daerah Avani. Untuk itu petugas terpaksa menutup 2 jalan yang berpotensi menjadi akses lalu lalang masyarakat di sana.

"Ada penyekatan, sejak pukul 19.00 WIB. Jadi ada 2 jalan yang kita tutup, yaitu di TL Pasar Modern Intermoda dan Avani. Batasnya itu sampai pukul 03.00 WIB," sambungnya. (Baca juga; Malam Tahun Baru, 742 Petugas Gabungan Siap Bubarkan Kerumunan di Jakbar )

Sementara itu, Danramil 03/Legok, Kapten M Bakir, menegaskan, mengacu pada Surat Keputusan (SK) Bupati Tangerang, maka masyarakat harus menghentikan aktivitas di luar rumah. "Nggak ada kembang api, mau di rumah-rumah sekalipun, nggak boleh," ucapnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)