Hasil Razia, 3.155 Botol Miras Dimusnahkan di Halaman Pemkot Depok

Rabu, 30 Desember 2020 - 19:29 WIB
loading...
Hasil Razia, 3.155 Botol Miras Dimusnahkan di Halaman Pemkot Depok
Sebanyak 3.155 botol minuman keras (miras) hasil razia dimusnahkan di halaman Balai Kota Depok. Foto: R Ratna Purnama/SINDOnews
A A A
DEPOK - Sebanyak 3.155 botol minuman keras (miras) hasil razia dimusnahkan di halaman Balai Kota Depok . Pemusnahan dilakukan di hadapan Forkopimda Kota Depok. Pemusnahan ini dilakukan dalam rangka menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Depok soal miras.

"Ini adalah hasil razia selama tahun 2020. Mudah-mudahan kedepan terjadi penurunan. Sesuai dengan dilakukan sosialisasi sesuai dengan Perda Kota Depok terkait dengan miras ini menjadi keseriusan kami yang kami tangani," kata Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, Rabu (30/12/2020).

Dalam mengentaskan peredaran miras, pihaknya tidak pandang bulu. Terjadi penurunan dibandingkan tahun lalu. Pihaknya melakukan tindakan terhadap penjual yang nakal. ( )

"Ada beberapa yang dilakukan tipiring dan nampaknya masih cukup lemah dan kedepannya harus keras lagi. Intinya bukan hanya tindakan dari pemerintah tapi peran serta semua lapisan masyarakat, tomas, komunitas, kami akan betul lakukan kuratif. Interfensi sudah kami lakukan, sosialisasi di wilayah sudah, namun masih ada saja melakukan hal tersebut," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kasat Pol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny menambahkan, pihaknya bertindak sesuai dengan Perda No 6 tahun 2008 tentang pengawasan dan pengendalian miras. Dari hasil razia pihaknya menemukan banyak peredaran dan penjualan minuman beralkohol tanpa izin.

"Ini memberikan efek jera kepada penjual yang mengedarkan tanpa izin. Dari hasil penertiban ini kami lanjuti dengan tipiring ke pengadilan. Keputusan pengadilan sesuai dengan Perda untuk sanksi dan pidana untuk pelanggar perda," katanya. ( )

Dari ribuan botol miras yang dimusnahkan terdiri dari berbagai merk dengan konsentrasi alkohol dari 5 persen hingga 65 persen. Ini hasil penertiban dari Agustus hingga Desember. "Kalau di total sebetulnya harga minol yang dihancurkan sebesar Rp157 juta," katanya.

Pihaknya sangat mengharapkan dengan kegiatan ini lebih meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya peredaran minol dan mengkonsumsi miras yang dilakukan bebas atau ilegal. ( )

"Karena ini akan berdampak anak muda kita banyak yang mengkonsmsi miras sehingga nanti kami harapkan penertiban minol dapat menjadikan depok lebih baik dan generasi mudanya lebih unggul sesua visi dan misi Kota Depok," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1929 seconds (0.1#10.140)