Prioritas, Kolam Retensi di Jalan Batu Ceper Nyaris Rampung

Selasa, 22 Desember 2020 - 15:45 WIB
loading...
Prioritas, Kolam Retensi di Jalan Batu Ceper Nyaris Rampung
Sekko Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin meninjau langsung perkembangan pekerjaan kolam retensi di Jalan Batu Ceper, Kebon Kelapa, Gambir. Foto: Komaruddin Bagja Arjawinangun/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pembangunan kolam retensi di Jalan Batu Ceper, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat , sudah memasuki tahap akhir. Struktur untuk kolam sepanjang 65 meter itu tinggal menyisakan sekitar tiga meter yang akan dikerjakan.

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin meninjau langsung perkembangan pekerjaan ini. ( )

"Dari awal sejak ditetapkan sebagai prioritas memang ini dilakukan percepatan. Walaupun sebetulnya bukan cuma enam titik prioritas saja yang dikerjakan," kata Iqbal di Jakarta, Selasa (22/12/2020). ( )

Iqbal menambahkan, sejauh ini tidak ada kendala berarti, baik pekerjaan di Batu Ceper maupun di lokasi lainnya. Ia meyakini semua bisa selesai sesuai dengan target waktu yang diberikan.

Menurut dia, uji coba adalah hal penting untuk melihat efektivitas dari berbagai infrastruktur yang disiapkan dalam mengantisipasi banjir. ( )

"Kalaupun tidak hujan juga bisa kita coba, koordinasi dengan (Sudin) Gulkarmat lah untuk semprotkan airnya. Sehingga kalau nanti hujan memang dipastikan ini efektif mengurangi debit limpasannya," terang Iqbal.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Gambir Satino mengatakan, selain kolam retensi, pada lokasi tersebut juga akan dibangun sumur resapan.

"Kalau kolam retensinya penuh air akan meresap melalui sumur yang sudah dibuat dengan cara dibor dengan kedalaman sekitar 20 meter," ujar Satino. ( )

Satino menambahkan, keberadaan kolam retensi dan sumur resapan ini bisa diandalkan untuk mengurangi genangan akibat air hujan dengan intensitas lebat yang tidak tertampung di saluran drainase selama ini.

"Sesuai sumber daya yang ada, saat ini baru tiga sumur resapan yang sudah selesai. Berikutnya mungkin bisa ditambah dua lagi," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)