Luar Biasa, Donasi untuk 6 Anggota FPI Capai Rp1,7 Miliar

Jum'at, 11 Desember 2020 - 21:35 WIB
loading...
Luar Biasa, Donasi untuk 6 Anggota FPI Capai Rp1,7 Miliar
Irvan Gani memberikan donasi yang disumbangkan netizen kepada keluarga enam anggota laskar FPI yang tewas ditembak polisi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Insiden penembakan yang menewaskan enam anggota Laskar Khusus Front Pembela Islam (FPI) pada Senin 7 Desember 2020 menyita perhatian publik, hingga akhirnya ramai yang memberikan donasi kepada keluarga yang ditinggalkan.

Netizen berlomba-lomba memberikan sumbangannya melalui Irvan Gani, yang baru-baru ini membuka donasi melalui media sosial Twitter miliknya @ghanieierfan. Tak tanggung-tanggung, hingga Jumat (11/12/2020) pukul 13.00 WIB telah terkumpul uang sebanyak Rp1,7 miliar.

"Mencapai Rp1,7 miliar, saya tutup jam satu siang tadi. Kenapa saya tutup, walaupun masih banyak yang antusias, ini untuk menghindari hiruk pikuk dan fitnah. Ya kalau donatur masih ingin memberikan, saya persilakan kepada keluarga langsung," ujar Irvan saat dihubungi, Jumat (11/12/2020). ( )

Irvan mengatakan, donasi tersebut telah diberikan kepada keluarga almarhum enam Laskar Khusus FPI. Disaksikan pihak FPI, media, hingga donatur, dirinya menyerahkan donasi Rp200 juta kepada masing-masing keluarga.

“Dan uangnya sisa Rp500 juta itu tetap akan saya serahkan seluruhnya kepada keluarga, sesuai niat saya di awal,” ujarnya. ( )

Guna menjamin transparansi kegiatan amal yang dilakukannya, dengan sengaja Irvan mencetak bukti mutasi rekening atau dana masuk dari para donatur yang memberi donasi. Jumlahnya mencapai sekitar 42 ribu akun rekening.

“Nyetak bukti itu aja sampai habis Rp5 juta itu, saking banyaknya kertas mutasi rekening yang di-print. Mayoritas memang dari kalangan menengah, dapat dipetakan dari jumlah sumbangannya. Ada yang Rp10 ribu, kemarin ada Rp15 ribu itu katanya hasil dia ngojek seharian,” kata Irvan. ( )

Dia mengatakan, donasi tersebut murni merupakan luapan empati dirinya dalam melihat insiden tragedi kemanusiaan. Dalam penggalangan, niatnya itu disambut baik oleh puluhan ribu donatur, bahkan dari luar negeri. ( )

Bukan kali pertama bagi Irvan menggalang donasi untuk kegiatan sosial. Dirinya telah beberapa kali mengajak netizen berdonasi sebelumnya, mulai dari bencana gempa bumi di Ambon, longsor di Lebak, lalu bantuan Covid-19, hingga membantu bocah asal Kerinci yang merawat ibunya yang buta.

(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2165 seconds (0.1#10.140)