Kapuspen TNI Koordinasi dengan Satgas COVID-19 soal Kerumunan di Stasiun dan Halte Transjakarta

loading...
Kapuspen TNI Koordinasi dengan Satgas COVID-19 soal Kerumunan di Stasiun dan Halte Transjakarta
Anggota komunitas pecinta Transjakarta mengenakan hazmat dan membawa poster berisi sejumlah informasi seputar Covid-19, melakukan sosialisasi protokol kesehatan di Halte Transjakarta. SINDOnews/Adam Erlangga
JAKARTA - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI mengaku, segera berkoordinasi dengan Satgas Penanganan COVID-19 ihwal pemberian teguran kepada PT KCI dan PT Transportasi Jakarta untuk memastikan tidak adanya kerumunan di beberapa tempat transportasi massal dan angkutan umum seperti stasiun kereta dan halte Transjakarta. Diketahui, saat jam berangkat dan pulang kerja terjadi penumpukan penumpang.

"Soal kerumunan massa saya akan teruskan ke Satgas COVID-19," ucapnya ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat oleh MNC Media, Minggu (21/11/2020). (Baca juga; Capai 1.579 Kasus, Epidemiolog Sebut Akumulasi Dampak Demo Bulan Lalu)

Dihubungi secara terpisah, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pihaknya menaruh perhatian penuh terkait dengan adanya kerumunan massa di jam-jam tertentu. Menurut dia, Satgas pusat akan terlebih dulu mendiskusikannya dengan Satgas daerah, terkhusus di wilayah Jabodetabek.

"Masukan dan observasinya itu akan menjadi perhatian kami dalam berkoordinasi dengan Satgas Daerah. Setiap minggu malam kita koordinasi dengan Satgas Daerah ya, termasuk Jabodetabek," ucapnya. (Baca juga; Polda Jabar Jadwal Ulang Pemanggilan Bupati Bogor dan Habib Rizieq Terkait Kerumunan Megamendung)



Sekadar informasi, sepanjang bulan November volume penumpang KRL menyentuh angka 400.000 pada hari kerja. Angka tersebut diketahui meningkat dan merupakan yang tertinggi selama pandemi COVID-19, terhitung sejak Maret 2020.

"Sepanjang November ini, volume pengguna KRL menyentuh angka 400.000 pengguna pada hari kerja. Angka ini merupakan yang tertinggi selama pandemi COVID-19, atau sejak Maret 2020,” ujar VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba dalam keterangannya, Sabtu (14/11/2020).

Selain itu, menurut Anne pada bulan November, pergerakan para pengguna masih terfokus di jam-jam sibuk. Data KAI Commuter pada Senin 11 November 2020 memperlihatkan pergerakan pengguna terpusat pada rentang waktu 07.00 WIB dan 08.00 WIB, dengan total lebih dari 72.000 pengguna menggunakan KRL pada dua jam tersebut. “Sementara di sore hari, mobilitas pengguna terkonsentrasi pada pukul 18:00 WIB dengan jumlah lebih dari 40.000 pengguna dalam kurun waktu satu jam,” urainya.
(wib)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top