RSUD Cabangbungin Kabupaten Bekasi Bersiap Naik Kelas

Rabu, 11 November 2020 - 15:11 WIB
loading...
RSUD Cabangbungin Kabupaten Bekasi Bersiap Naik Kelas
Pemkab Bekasi tengah mempersiapkan RSUD Cabangbungin untuk naik kelas dari tipe D menjadi C. Foto: Dok Pemkab Bekasi
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi tengah mempersiapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cabangbungin untuk naik kelas dari tipe D menjadi C pada 2021 mendatang. Saat ini manajemen RSUD Cabangbungin sedang mempersiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan sebagai syarat naik tipe.

”Menajemen RSUD Cabangbungin tengah menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk menaikkan tipe rumah sakit menjadi C,” kata Direktur RSUD Cabangbungin Markenley, Rabu (11/11/2020). (Baca juga: Cerita Tetangga Habib Rizieq di Arab Saudi, Gagal Berangkat karena Terhalang Lautan Penyambut Habib)

Menurut dia, persiapan yang dilakukan salah satunya dengan menambah fasilitas tempat tidur pasien, yang ditargetkan sudah ada di akhir tahun. Untuk menuju rumah sakit bertipe C, pihaknya setidaknya harus menyiapkan minimal 100 tempat tidur pasien.

”Minimal 100 hingga 120 bed (tempat tidur). Saat ini kita sudah tambah 40 bed lagi dan sedang menyiapkan penambahan baru, dan persyaratan ini akan kami penuhi secepatnya,” ucapnya.

Selain penambahan tempat tidur, pihaknya juga tengah mengupayakan penambahan bangunan baru yang akan difungsikan sebagai pelayanan poli.

Penambahan ruang poli juga harus disertai dengan penambahan jumlah petugas medis untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. ”Untuk ruang poli itu perlu dokter spesialis sebanyak dua orang di setiap ruang poli,” ungkapnya. (Baca juga: Tahun Depan Imam Masjid di Kabupaten Bekasi Dapat Gaji Rp2,5 Juta)

Markenley berharap ketersediaan fasilitas di RSUD Cabangbungin bisa dioptimalkan, seperti kamar ICU dan ruang operasi. Selama ini, rumah sakit plat merah tersebut melayani kesehatan warga yang berada di wilayah Utara Bekasi. Saat ini, RSUD Cabangbungin dijadikan sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang.

”Dengan pengoperasian ruang ICU dan operasi pelayanan di RSUD Cabangbungin, tidak hanya melayani rujukan pasien Covid-19 saja tetapi juga bisa melayani pasien umum yang berasal dari wilayah terdekat, seperti Sukatani, Sukakarya, Sukawangi, dan Muaragembong,” jelasnya. (Baca juga: Tak Terima Pasien Umum, 13 RSUD di Jakarta Khusus untuk Penanganan Covid-19)

Sejak diresmikan pada 2017 lalu, rumah sakit ini terus melakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan guna menjangkau warga, khususnya yang tinggal di wilayah Utara Kabupaten Bekasi. Sehingga, masyarakat Kabupaten Bekasi yang berada di Utara Kabupaten Bekasi tidak perlu jauh-jauh ke RSUD Cibitung.

(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)