Penerimaan Siswa Baru, Labschool UNJ Sediakan Dua Jalurok

Rabu, 04 November 2020 - 04:26 WIB
loading...
Penerimaan Siswa Baru, Labschool UNJ Sediakan Dua Jalurok
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menjelang tahun ajaran baru, Labschool UNJ yang berada di Rawamangun, Kebayoran, Cibubur dan Cirendeu mulai membuka penerimaan siswa baru (PSB). Di tengah pandemi Covid-19 proses PSB dilakukan secara daring.

Pengembang Pendidikan Labschool UNJ dan koordinator Humas PSB Labschool 2021, Gilang Saputro mengatakan, PSB Labschool UNJ memiliki dua jalur antara lain jalur tes dan non-tes. Jalur non-tes disebutnya sebagai Program Penjaringan Siswa Baru Berprestasi (PPSBB) untuk SMP dan SMA.

"PPSBB sebelumnya itu kami memang dikhususkan untuk murid berprestasi dari jalur undangan, sekolah-sekolah yang diundang selain dari sekolah Labschool sendiri, ada pula beberapa sekolah lain yang memang telah memiliki relasi/kerjasama, maupun penilaian latar belakang sekolah asal berdasarkan rekam jejak peserta didik pendaftar yang sebelumnya sudah bersekolah di Labschool dari kami," katanya di Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa 3 November 2020 .

Gilang menegaskan, PPSBB tahun ini dibuka lebih luas meskipun tetap kami sampaikan bahwa prioritas kepada sekolah yang selama ini telah menjadi mitra setia Labschool. "Kalau yang tidak terdaftar kami tetap buka kesempatan itu dengan cara mengirim permohonan ke Labschool untuk dimasukan ke dalam daftar, agar siswanya bisa mendaftar di Labschool melalui jalur prestasi, kuota penerimaan jalur PPSBB ini 30% dari kuota yang diterima," ujarnya.

Menurut dia, upaya ini dilakukan untuk memberikan penghargaan dan kesempatan kepada mereka yang memang telah memiliki portofolio juara baik akademik maupun non akademik. Kami juga menyediakan beasiswa bagi peraih medali emas OSN misal, atau bagi yang tidak mampu namun berprestasi.

Selain jalur prestasi, Labschool UNJ juga membuka jalur reguler melalui tes. Ini adalah upaya Labschool untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat yang mengharapkan layanan pendidikan swasta terbaik. PSB jalur tes pendaftarannya dibuka pada 5 Januari hingga 18 Februari 2021untuk TK. Sementara untuk SD yang ada di Cibubur, pembukaan dilakukan pada 29 September lalu hingga 6 November 2020 mendatang.

"Untuk SMP pendaftaran akan dibuka pada 21 Desember hingga 6 Februari, sementara SMA 21 Desember hingga 30 Januari 2021," ungkapnya. ( )

Lebih lanjut, Gilang menuturkan, setelah pendaftaran pihaknya akan melakukan tes masuk pada 7 Februari 2021 untuk SMA dan 14 Februari 2021 untuk SMP. Untuk tes psikologi sudah tidak menjadi tolok ukur penentu kelulusan pada seleksi masuk. Tes Psikologi di Labschool UNJ lebih diarahkan sebagai pemetaan kondisi peserta didik setelah diterima untuk mendapatkan layanan pendidikan yang tepat, gambaran kondisi utuh tiap peserta didik termasuk pemetaan potensi dan gaya belajarnya, bahkan selain tes psikologi di beberapa lokasi sudah diterapkan pula rekam gelombang otak.

"Selain itu, dengan kondisi saat ini, tes wawancara untuk SMP Jalur Prestasi akan dilakukan secara daring. Adapuntes kesehatan akan dilakukan menyesuaikan dengan kondisi pandemi," tuturnya.

Selain menyiapkan sistem pendaftaran dan tes secara daring, kata Gilang, pihaknya juga telah menyiapkan soal untuk tes masuk. Pasalnya, konten soal untuk tahun ini bentuk soal jauh berbeda dengan tes yang lalu. Tahun ini ada numerik, literasi, skolastik, akademik dan survei karakter. ( )

"Namun saat ini, kami tentu sangat menyadari tiap kondisi anak sangat bervariasi, dari apa yang mereka dapatkan dari situasi pandemi, termasuk capaian kurikulumnya saat ini juga berbeda-beda, hal tersebut mudah-mudahan tidak menjadi hambatan bagi peserta didik yang ingin masuk Labschool" tukasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)