360 Jamaah Umrah Berangkat ke Tanah Suci Melalui Bandara Soetta

Minggu, 01 November 2020 - 12:52 WIB
loading...
360 Jamaah Umrah Berangkat ke Tanah Suci Melalui Bandara Soetta
Ratusan jamaah umrah mulai diberangkatkan ke Tanah Suci pada Minggu (1/11/2020).Foto/Isty Maulidya/Okezone
A A A
TANGERANG - Sebanyak 360 jamaah umrah mulai Minggu (1/11/2020) diberangkatkan ke Mekkah, Arab Saudi melalui Bandara Soekarno Hatta (Soetta) , Tangerang. Keberangkatakan jamaah umrah ini dilakukan setelah pemerintah Arab Saudi kembali mengizinkan jamaah umrah dari luar Arab.

Pantauan MNC Portal di lapangan, ratusan jamaah umrah memadati konter check in di Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan seragam dari travel masing-masing. Beberapa terlihat antusias karena bisa mengunjungi Tanah Suci setelah sebelumnya sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Salah satu jamaah asal Bekasi, Ikhsan mengatakan, keberangkatan umrah pada hari ini terbilang mendadak. Sebab Kementerian Agama baru memberi tahu perihal dibukanya umrah untuk jamaah Indonesia hanya beberapa hari sebelumnya. Sehingga pada hari ini tak banyak dari travelnya yang ikut.

"Ini diberitahukan mendadak, baru beberapa hari kemarin. Makanya yang ikut hari ini dari travel saya tidak banyak," ujar Ikhsan pada Minggu (1/11/2020). (Baca: Umrah Kembali Dibuka, AMPHURI Kirim Tim Advance ke Saudi Siang Ini)

Tak hanya itu, adanya pembatasan umur bagi jamaah yang berangkat juga membuat tak sembarang orang yang bisa ikut berangkat. Kemenag juga membatasi jumlah jamaah yang terbang pada hari ini sehingga perlu dipilih calon jamaah yang memenuhi kriteria.

"Dari Kemenag ada pembatasan usia juga, jadi tidak semua orang yang berangkat," ucapnya. Dalam pemberangkatan jamaah umrah perdana ini terlihat juga Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althagafi memeriksa langsung proses keberangkatan jamaah di Bandara Soekarno-Hatta. Setelah tiba di Jeddah, jamaah umroh perdana ini rencananya akan disambut langsung oleh Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)