Persiapan Libur Panjang, Terminal Kalideres Cek Kelaikan Bus AKAP

Selasa, 27 Oktober 2020 - 21:31 WIB
loading...
Persiapan Libur Panjang, Terminal Kalideres Cek Kelaikan Bus AKAP
Bus AKAP di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, menjalani cek kelaikan (ramp check), Selasa (27/10/2020). Foto: SINDOnews/Yan Yusuf
A A A
JAKARTA - Untuk memastikan keselamatan penumpang yang diprediksi meningkat jelang libur panjang pertengan pekan ini, bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Kalideres , Jakarta Barat, menjalani cek kelaikan (ramp check), Selasa (27/10/2020).

Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnain, mengatakan, kegiatan ini untuk menjalankan instruksi Menteri Perhubungan, Dinas Perhubungan DKI, dan Sudin Perhubungan Jakarta Barat mengenai kelaiakan kendaraan bus AKAP di Terminal Kalideres. (Baca juga: Hari Ketiga PSBB Transisi, Penumpang di Terminal Kalideres Kurang dari 300 Orang Per Hari)

"Kita lakukan cek kelaikan kendaraan dari fungsi sisi lampu, rem, kepada bus yang akan diberangkatkan. Sehingga kenyamanan dan keselamatan penumpang terjamin," ujarnya.

Menurut Revi, hari ini jumlah penumpang belum menunjukkan kenaikan signifikan. Dia memprediksi lonjakan penumpang terjadi besok. Karenanya pihaknya telah menyiapkan sejumlah bus bantuan.

"Kalau memang nanti ada kelonjakan penumpang, kami sudah siapkan sekitar 50 armada bus bantuan dari PO," katanya. (Baca juga: Puncak Mudik Libur Panjang Diprediksi Malam Ini, Polisi Siapkan Sejumlah Skenario)

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pihaknya memastikan melakukan pembatasan penumpang serta mewajibkan penumpang untuk memakai masker di dalam bus sebelum diberangkatkan.

"Penumpang maksimal 70 persen dari jumlah tempat duduk yang ada di dalam bus. Mereka juga wajib pakai masker," tuturnya.

Sementara Kasie Ops Sudin Perhubungan Jakarta Barat, Wildan menjelaskan, rem chek memang sengaja dilaksanakan dalam rangka jelang libur panjang.

"Untuk hari ini giat pengecekan kondisi kelaiakan kendaraan (ram check) dalam rangka libur panjang (cuti bersama)," tutup Wildan.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)