KPAI Sebut Banyak Anak-anak dari Jabotabek Ikut Demo 20 Oktober

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:08 WIB
loading...
KPAI Sebut Banyak Anak-anak dari Jabotabek Ikut Demo 20 Oktober
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Perlindundungan Anak Indonesia (KPAI) melakukan pengawasan pelibatan anak dalam aksi unjuk rasa penolakan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja yang berlangsung di Patung Kuda, Jakarta, Selasa 20 Oktober 2020.

KPAI menurunkan 2 orang staf dan 1 orang Komisioner kelapangan untuk melakukan pengawasanuntuk memastikan anak-anak yang terlibat terlindungi hak-haknya. Pengawasan lapangan dilakukan pada pukul 13.30 hingga pukul 17.30 WIB dengan melakukan koordinasi dengan Kanit PPA Mabes Polri dan Deputi Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perlindungan Anak Republik Indonesia.



“Pelibatan anak dalam demonstrasi penolakan undang-undang ciptakerja masih banyak anak-anak terlibat dari berbagai daerah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi. Ratusan keterlibatan anak ini diperkiran berbagai macam tingkatan satuan pendidikan mulai dari usia SMP, SMU dan SMK dan masih ada mengaku sudah tidak sekolah lagi,” kata Komisioner KPAI Divisi Wasmonev Jasra Putra, Rabu (21/10/2020).

Adapun latar belakang ikut aksi mulai dari ajakan teman lewat media sosial, sekadar ingin tahu saja terkait kegiatan demo, dan datang karena keinginan sendiri. ( )

“Kita sangat menyayangkan masih banyak anak-anak yang terlibat dalam aksi tersebut, kendatipun sudah ada upaya-upaya pencegahan yang sudah dilakukan oleh pihak keamanan, orang tua, guru dan masyarakat,” tambahnya.

Dalam pantauan KPAI masih banyak anak-anak tidak mematuhi protokol kesehatan seperti tidak memakai masker, menjaga jarak serta merokok. ( )

“Kondisini ini menjadi kekhawatiran terkait keterpaparan anak oleh virus covid19 dan berpotensi menularkan kepada keluarga rentan dirumah lainya. Apalagi Jakarta masih dalam status zona merah Covid19,” tutupnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)