Glodok Dijaga Ketat Aparat TNI-Polri, Antisipasi Demo BEM SI Besok

Senin, 19 Oktober 2020 - 18:12 WIB
loading...
Glodok Dijaga Ketat Aparat TNI-Polri, Antisipasi Demo BEM SI Besok
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Penjagaan pusat perniagaan Glodok, Tamansari, Jakarta Barat, diperketat TNI-Polri saat aksi demo mahasiswa, Selasa (20/10/2020) besok. Ratusan petugas bakal berjaga di sana.

"Kita tahu bersama Tamansari adalah sentra ekonomi terbesar di Jakarta Barat, sehingga banyak orang yang mengadu nasib di sana," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Audie Latuheru, usai apel siaga dengan tokoh masyarakat Jakarta Barat di lapangan Tamansari, Senin (19/10/2020).

Diketahui, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar unjuk rasa di Istana Merdeka, Selasa besok atau tepat satu tahun pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Selain itu, mereka mendesak Presiden Jokowi mengeluarkan Perppu untuk membatalkan UU Cipta Kerja sekaligus evaluasi satu tahun pemerintahan Kabinet Indonesia Maju. (Baca juga: Kapolda Sebut Telah Identifikasi Aktor Penggerak Pelajar Ikut Aksi 8 dan 13 Oktober 2020)

Audie mengatakan, meskipun jarak antara Tamansari dengan Istana Negara cukup jauh, pihaknya tetap mengantisipasi layaknya demo sebelumnya. Satu diantaranya penjagaan di kawasan niaga Glodok.

Selain itu, pusat ekonomi di Glodok juga berdekatan langsung dengan permukiman warga. Hal itu membuat tingkat pengamanan perlu diperketat agar tidak terjadi aksi anarkisme yang dapat merugikan banyak pihak.

Untuk itu, pihaknya juga melibatkan para tokoh masyarakat agar sama-sama mengingatkan saling menjaga wilayah masing masing. “Makanya tadi pagi kita apel siaga menjaga kawasan ini,” kata Audie. (Baca juga: Cegah Demo Anarkis di Ibu Kota, Kapolres dan Dandim Jakbar Gandeng RT/RW)

Terlebih di belakang perkawasan Glodok merupakan permukiman. Jadi ketika terjadi kebakaran ancaman pemukiman terbakar bisa terjadi setiap saat.

Sementara, saat SINDOnews menyambangi kawasan glodok hari ini, kondisinya masih berlangsung normal. Meski demikian, sejumlah pemilik toko telah diminta waspada aksi besok. “Katanya kami diminta mengurangi aktivitas,” kata Moreno, seorang pedagang di sana.

Di kawasan itu, sebuah mobil Brimob sudah terparkir, tepatnya di depan LTC Glodok, namun secara keseluruhan belum terlihat adanya pengamanan ketat.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)