Jawara Depok Siap Jaga Wilayah dari Perusuh

Selasa, 13 Oktober 2020 - 14:52 WIB
loading...
Jawara Depok Siap Jaga Wilayah dari Perusuh
Jawara Kampung Kota Depok siap menjaga keamanan wilayah dari perusuh saat aksi demo. Ketika demo diwarnai aksi rusuh, itu sangat merugikan rakyat. Foto: SINDOnews/R Ratna Purnama
A A A
DEPOK - Ratusan Jawara Kampung Kota Depok siap menjaga keamanan wilayah dari perusuh saat aksi demo . Ketika demo diwarnai aksi rusuh, itu sangat merugikan rakyat karena merasa tak aman.

Ketua Forum Betawi Rempuq Korwil Depok dan Bogor Raya H Nawi mengaku prihatin dengan situasi demo yang terjadi belakangan ini. Dia ingin aksi berjalan lancar tanpa kerusuhan.

“Sebagai warga asli Depok, kita sedih melihat Depok porak-poranda karena ada yang menunggangi oknum-oknum yang berkepentingan untuk mencapai tujuan tertentu mengajak pelajar untuk berdemo ke Jakarta kemudian rusuh,” ujarnya, Selasa (13/10/2020). (Baca juga: Hendak Ikut Demonstrasi, Sekelompok Pelajar di Pademangan Diamankan Polisi)

Karena itu perlu dilakukan langkah antisipasi. Para jawara Depok ini memiliki sejumlah kemampuan berupa beladiri silat sehingga dapat membantu menjaga wilayah tetap aman dan kondusif.

“Dalam kegiatan ini kita berkoordinasi dengan Polres Metro Depok bersama menjaga Harkamtibmas di setiap wilayah,” ucapnya.

Sebagai warga negara, dia tidak melarang warga yang hendak demo. Hanya saja perlu diingatkan agar tidak terpancing untuk berbuat kerusuhan.

“Silakan saya ngga mau larang dengan adanya demo, silakan hak dia. Tapi, jangan sampai melanggar peraturan, UU jangan dilanggar. Pemerintah juga kalau sudah demo secara tertib tidak melarang, yang dilarang itu merusak hak orang lain,” kata Nawi. (Baca juga: Polres Depok Kerahkan 115 Personel Sekat Perbatasan Antisipasi Pengunjuk Rasa)

Para jawara datang untuk membantu pengamanan bersama TNI-Polri. Sekitar 500 jawara Depok yang ikut dalam gerakan Jaga Kampung dan disebar ke sejumlah titik yakni Jalan Margonda, Cimanggis, dan sekitar stasiun. “Kita sebar di Margonda yang sedikit rawan untuk demo, di Cimanggis Jalan Raya Bogor, Kantor Wali Kota juga stasiun,” ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)