Jalan Menuju Istana Negara Ditutup, Berikut Modifikasi Rute Transjakarta

Selasa, 13 Oktober 2020 - 10:18 WIB
loading...
Jalan Menuju Istana Negara Ditutup, Berikut Modifikasi Rute Transjakarta
Sejumlah layanan operasional bus Transjakarta mengalami perubahan rute karena adanya penutupan ruas jalan di kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (13/10/2020). Foto/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Sejumlah layanan operasional bus Transjakarta mengalami perubahan rute pasca-diberlakukannya penutupan ruas jalan di kawasan Istana Negara , Jakarta Pusat, Selasa (13/10/2020). Pengguna Transjakarta diimbau untuk tetap waspada, dan selalu mengedepankan keselamatan diri dan keluarga.

Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta, Prasetia Budi mengatakan, dengan adanya kegiatan aksi massa di kawasan Patung Kuda, Istana Presiden, Monas dan sekitarnya, sehingga berujung penutupan jalur di sekitar lokasi dan lampu merah Harmoni, Jakarta Pusat, PT Transjakarta terpaksa membuat beberapa modifikasi rute.

"Transjakarta mengimbau seluruh pelanggan untuk berhati hati, waspada dan selalu mengedepankan keselamatan diri dan keluarga. Tetap di rumah namun jika harus keluar rumah dan menggunakan layanan Transjakarta selalu pastikan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak)," kata Budi dalam siaran tertulisnya, Selasa (13/10/2020). (Baca: Antisipasi Demonstran, Polda Metro Jaya Tutup Ruas Jalan Menuju Istana Negara)

Adapun bentuk modifikasinya sebagai berikut;

Koridor 1 (Blok M – Kota).

Untuk yang mengarah ke Kota, bus melintas Blok M-Sarinah–Lampu merah Sarinah keluar jalur-Lampu merah Bank Indonesia belok kiri-Jalan Kebon Sirih-Hotel Milenium belok kiri-Jalan Fachrudin-Jati Baru lurus-Jalan Cideng Barat-Lampu merah Tarakan belok kanan-Halte Petojo-Lampu merah Harmoni belok kiri-Harmoni-Kota.

Kemudian arah Blok M, bus dari Kota-Harmoni-Lampu merah Harmoni belok kiri putar balik setelah Halte Juanda-Halte Petojo keluar jalur-Lampu merah Tarakan belok kiri-Jalan Cideng Timur-Jalan Jati Baru-Hotel Tugu Asri-Lampu merah Hotel Milenium lurus-Jalan Kebon Sirih-Lampu merah Bank Indonesia belok kanan-Halte Sarinah-Blok M.

Koridor 2 (Pulogadung–Harmoni).

Pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di kawasan Monas. Untuk sementara arah Pulogadung tidak melewati halte Monas-Halte Kwitang dan arah Harmoni tidak melewati Halte Atrium-Halte Pecenongan.

Koriodor 3 (Kalideres – Pasar Baru). Arah Harmoni bus dialihkan via jalur Tomang–Lampu merah Harmoni-belok kiri- langsung halte Pelayanan–Kalideres. Sementara arah sebaliknya normal. Rute Non BRT 1A (PIK – Balaikota) mengalami perpendekan rute menjadi PIK–Kota."Hate yang tidak dilayani: Halte Glodok; Halte Olimo; Halte Mangga Besar; Halte Sawah Besar; Halte Harmoni; Halte Monas dan Bus stop Balaikota," paparnya.

Selanjutnya Rute 5C (PGC – Harmoni) mengalami pengalihan rute untuk bus yang mengarah ke Harmoni, sementara arah sebaliknya normal. Bentuk pengalihan rute yaitu Bus beroperasi via jalur Samanhudi–Senen–Gunung Sahari–Lampu Merah Golden Trully– Belok kiri–Jalan Samanhudi–Mangga Besar.

Sementara untuk Layanan 6A (Ragunan-Monas Via Kuningan ) dan 6B (Ragunan-Monas via Semanggi) mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan–Tosari dan berputar balik di Hotel Indonesia (HI). "Halte yang tidak dilayani: Halte Bundaran HI; Halte Sarinah; Halte Bank Indonesia dan Halte Monas. Selain rute-rute di atas, semua layanan kami masih berjalan normal. Layanan akan Kembali beroperasi normal, saat kondisi telah memungkinkan untuk dilalui armada bus," pungkasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)