Kota Bogor Siap Uji Coba Vaksin Covid-19, Bima Arya Bersedia Jadi Relawan

Minggu, 04 Oktober 2020 - 18:00 WIB
loading...
Kota Bogor Siap Uji Coba Vaksin Covid-19,  Bima Arya Bersedia Jadi Relawan
Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim, memantau simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Tanah Sareal, Minggu (4/10/2020). SINDOnews/Haryudi
A A A
BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim, memantau simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Tanah Sareal, Jalan Kesehatan, Tanah Sareal, Minggu (4/10/2020). Dalam kegiatan yang juga disaksikan oleh perwakilan dari Kementerian Kesehatan itu, Bima Arya menyebut bahwa Pemkot Bogor siap menggelar uji coba vaksinasi.

“Seperti diketahui, Puskesmas Tanah Sareal ini dipilih menjadi salah satu lokasi pelaksanaan imunisasi vaksin Covid-19. Kami pastikan, pertama tenaga kesehatan kita siap, sistem dan alur dari mulai datang sampai selesai juga siap,” ungkap Bima Arya. (Baca juga: Puskesmas Tanah Sareal Jadi Tempat Simulasi Vaksin Covid-19, Pemkot Bogor Lakukan Ini)

“Kita pastikan ada jalur emergency juga. Jadi nanti begitu selesai divaksin setengah jam duduk dulu untuk diberikan sosialisasi dan observasinya, kalau 30 menit lancar itu diperbolehkan pulang. Tapi kalau ada gejala, ada jalur khusus untuk penanganan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Kita antisipasi ada jalur khusus ke IGD dan ambulance,” tambahnya.

Bima mengatakan, Pemkot Bogor masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan vaksinasi itu. “Kemungkinan awal tahun, apakah Januari atau Februari. Yang penting kita persiapkan dulu semua dan memastikan semua protokol kesehatan dipenuhi harus dihitung betul jumlah pasien yang datang untuk dilakukan vaksin itu berapa itu yang paling penting. Direncanakan bapak Presiden akan meninjau langsung lokasi ini,” ujar Bima.

Mengenai target uji coba vaksin, Bima menyebut akan dibahas dalam pertemuan lanjutan bersama Kemenkes. “Kita lakukan pemetaan, mana saja yang diprioritaskan kemungkinan dari mulai tenang kesehatan, kemudian pelayan publik yang rentan terpapar. Kalau tenaga kesehatan yang disiagakan di Puskesmas ini ada 37 orang. Tapi tergantung ya kalau memang dibutuhkan lebih untuk memberikan vaksin itu kita tambah lagi tenaga kesehatannya,” terang Bima. (Baca juga: Beredar Harga Vaksin Covid-19 dari Luar, Pemerintah Belum Tentukan)

Sebagai pejabat publik, Bima mengaku siap jika dibutuhkan untuk dilakukan uji coba vaksin ke tubuhnya. Namun, harus dilihat dulu syarat-syaratnya. “Saya siap. Tapi saya ini kan alumni (Covid-19), saya harus konsultasi dulu ke tim kesehatan, apakah kalau alumni masih perlu vaksin khusus atau tidak, tapi kalau saya siap,” tandasnya.

Sementara itu, perwakilan Kemenkes dari Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan dr Asik Surya mengatakan, dipilihnya Kota Bogor sebagai salah satu lokasi uji coba vaksin karena bagian dari epicentrum Jabodetabek.

“Untuk vaksin ini sejumlah wilayah akan lokakarya. Bogor ini kan bagian dari epicentrum Jabodetabek. Kedua, paling mudah mudah tempatnya. Nanti akan ada mini lokakarya, Puskesmas yang hitung-hitung terkait kebutuhan jumlah vaksin," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)