Sampah Mengular di Kali Blencong Tarumajaya Kabupaten Bekasi

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 15:40 WIB
loading...
Sampah Mengular di Kali Blencong Tarumajaya Kabupaten Bekasi
Hamparan tumpukan sampah menumpuk di Kali Blencong, Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jumat (2/10/2020). SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A A A
BEKASI - Permasalahan sungai yang dipenuhi sampah tidak pernah habis-habisnya di wilayah Bekasi. Kali ini, pemandangan tidak sedap bisa terlihat di Kali Blencong yang berada di Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi .

Hamparan sampah tampak mengular dan memenuhi sungai yang berada di Utara Bekasi itu. Bahkan, tumpukan sampah terlihat sepanjang sekitar 200 meter. Sampah itu cukup tebal dan memenuhi seluruh area hingga tak terlihat airnya. Tumpukan sampah itu didominasi dari sampah rumah tangga, kemasan plastik, styrofoam, triplek, kayu, maupun ranting-ranting batang pohon yang terbawa arus air.

Alhasil, tumpukan sampah tersebut menimbulkan bau tak sedap sehingga berpotensi mengganggu kesehatan warga sekitar serta dapat mengakibatkan banjir saat musim penghujan tiba.”Sudah satu pekan kondisinya begini,” kata Firmansyah, 35, warga setempat, Jumat (2/10/2020).(Lihat video; Lautan Sampah Menutupi Kali Kampung Bogor, Menimbulkan Bau Tak Sedap )

Menurut warga Setia Asih ini, tumpukan sampah telah terjadi sekitar satu pekan lalu. Tumpukan sampah itu timbul seusai terjadi hujan deras yang mengguyur Bekasi dan sekitarnya beberapa waktu lalu.”Biasanya kalau sudah hujan turun, Kali ini akan dipenuhi sampah kiriman dari hulu,” ucapnya.

Apalagi, kata dia, tumpukan sampah sudah sering terjadi saat hujan deras turun. Sampah itu kiriman dari dari wilayah Kota Bekasi. Tumpukan sampah itu mengeluarkan aroma bau tak sedap dan dikhawatirkan menimbulkan penyakit. Diharapkan tumpukan sampah ini segera diangkut dan dibersihkan oleh pemerintah setempat.

Sekretaris Desa Setia Asih Zaenal Arifin, mengatakan tumpukan sampah yang mengular di Kali Blencong merupakan kiriman dari wilayah Kota Bekasi. Soalnya, Kali Blencong itu merupakan aliran air yang hulunya di wilayah Kota Bekasi. Adapun hilirnya mengalir ke wilayah Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya.

Kemudian aliran sungai itu mengalir melintas Desa Pahlawan Setia Kecamatan Tarumajaya untuk terus menuju ke aliran BKT.”Jadi ini kan bukan hulu, karena kemarin kan ada hujan beberapa hari nah itu penyebabnya sampah kebawa ke sini. Hulunya kan Kota Bekasi, hilirnya Kabupaten,” katanya.(Baca juga; Puluhan Truk Disiapkan Angkut Sampah dari Pintu Air Manggarai )

Zaenal menjelaskan, selama ini Pemerintah Kabupaten Bekasi bersama Pemerintah Kota Bekasi sudah melakukan berbagai upaya. Namun, kembali lagi kebiasaan masyarakat buang sampah sembarangan itu yang sangat disayangkan.”Intinya kita harus bersama mencari solusi, agar sampah tidak lagi menghiasi sungai,” tegasnya.

Saat ini, Kecamatan Tarumajaya, Pemerintah Desa Setia Asih serta UPTD Dinas Lingkungan Hidup mulai melakukan pembersihan. Tumpukan sampah itu terjadi sepanjang sekitar 200 meter. Proses pembersihan dikerahkan alat berat dan puluhan truk sampah untuk diangkut dan dibuat ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)