Puluhan Truk Disiapkan Angkut Sampah dari Pintu Air Manggarai

loading...
Puluhan Truk Disiapkan Angkut Sampah dari Pintu Air Manggarai
Petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup mengangkat sampah dari Pintu Air Manggarai, Selasa (22/9/2020). Foto: SINDOnews/Isra Triansyah
JAKARTA - Banjir di Jakarta membuat Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, dipenuhi sampah yang hanyut terbawa air kiriman dari Bogor. Puluhan mobil truk telah disiagakan untuk mengangkut berbagai jenis sampahtersebut.

Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Jakarta, Farry Andiko, mengatakan, pasca banjir pada Senin malam, Pintu Air Manggarai langsung dipenuhi sampah yang terbawa air. Sampah-sampah tersebut sudah dibersihan sejak Selasa (22/9/2020) pukul 04.00 WIB hingga saat ini. (Baca juga: Banjir Mulai Surut, Warga Cawang Bersihkan Lumpur Tebal Setinggi 20 Sentimeter)

"Ada 39 armada yang kita siapkan untuk mengangkuti sampah tersebut. Sejauh ini sudah sekitar lebih dari 1.500 meter kubik sampah yang diangkut," ujarnya kepada wartawan, Selasa (22/9/2020).

Kebanyakan sampah tersebut adalah limbah rumah tangga dan potongan kayu yang menutupi hampir seluruh rongga saluran pintu air. (Baca juga: Pemprov DKI Klaim Genangan Air Setelah Hujan Tidak Lebih dari Satu Jam)



Seluruh sampah tersebut ditargetkan bisa diangkut semua dari Pintu Air Manggarai pada hari ini. Selain truk, puluhan petugas Satgas Banjir dan kendaraan alat berat sudah dikerahkan untuk membersihkan sampah tersebut.

"Semuanya (sampah) dikirimkan ke TPS Bantar Gebang. Utamanya teratasi sampai nol dulu di sini. Sejauh ini tidak ada kendala, karena dari sore kemarin kita memang sudah siaga dari personel sampai sarana dan prasarana," tukasnya.
(thm)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top