Kronologi Penemuan Lima Mayat ABK di Freezer Kapal Ikan oleh Polisi

Kamis, 17 September 2020 - 23:05 WIB
loading...
Kronologi Penemuan Lima Mayat ABK di Freezer Kapal Ikan oleh Polisi
Sebanyak lima mayat anak buah kapal (ABK) ditemukan personel Polres Kepulauan Seribu di sebuah kapal ikan, Kamis (17/9/2020). Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Polisi mengungkapkan, penemuan lima mayat di dalam kapal ikan Starindo Jaya Maju VI berawal dari adanya operasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sedang berlangsung. Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Morry Edmond mengatakan bahwa petugas melihat ada kecurigaan terhadap kapal ikan tersebut.

"Jadi saat kita sedang melaksanakan kegiatan patroli untuk nelayan-nelayan yang ada di laut. Salah satu kapal patroli kita di bawah pimpinan Wakapolres menemukan ada kapal yang mengangkut banyak ABK dan tidak menggunakan masker," Kata Morry kepada SINDONews di Dermaga Ancol Kamis (17/9/2020).

Dikatakan, selain melihat ada kejanggalan terkait penerapan protokol kesehatan cukup, petugas juga memeriksa jumlah ABK yang berada dalam kapal tersebut. "Setelah dicek jumlahnya ternyata tidak sesuai dengan manifes. Dari situ baru kita ketahui bahwasannya ada ABK kapal tersebut yang meninggal," ungkapnya. ( )

Menurut Morry, berdasarkan informasi dari nahkoda kapal, penempatan mayat ABK di dalam ruang pendingin (cold storage) karena saat diketahui para ABK sudah dalam kondisi meninggal dunia, posisi kapal jauh dari daratan. "Sehingga nahkoda menyimpan jenazahnya itu di dalam ruang pendingin," ujarnya.

Kapolres menambahkan, kapal ikan Starindo Jaya Maju VI sebelumnya sudah berlayar di laut lepas selama dua bulan. "Jadi setelah berlayar itu, mereka berpapasan dengan anggota kita yang sedang lakukan operasi Yustisi dan langsung memberitahu petugas tentang adanya mayat ABK tersebut," Kata Morry. ( )
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)