alexametrics

Pemulihan Pasca-bencana di Sukajaya, Petugas Gabungan Tanam 141.218 Vertiver

loading...
Pemulihan Pasca-bencana di Sukajaya, Petugas Gabungan Tanam 141.218 Vertiver
Petugas gabungan menanam ribuan pohon atau tumbuhan (reboisasi) yang memiliki akar kuat, di antaranya vertiver (akar wangi) agar peristiwa serupa tak terulang. Foto: Haryudi/SINDOnews
A+ A-
BOGOR - Upaya penanggulangan setelah bencana longsor yang terjadi di empat kecamatan Kabupaten Bogor yakni Sukajaya, Nanggung, Cigudeg dan Jasinga, hingga saat ini terus berlanjut. Pasalnya, petugas gabungan dari berbagai instansi baik pemerintah pusat, maupun daerah dibantu unsur TNI, Polri, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih melakukan upaya pemulihan, baik infrastruktur, pemukiman hingga lahan.

Kepala Satuan Sabhara Polres Bogor AKP Waluyo menjelaskan, sebagaimana instruksi presiden saat berkunjung ke lokasi bencana beberapa waktu lalu, pemulihan alam di sekitar lokasi longsor harus ditanami pohon atau tumbuhan (reboisasi) yang memiliki akar kuat, di antaranya vertiver (akar wangi) agar peristiwa serupa tak terulang.

"Hingga hari ini kita (petugas gabungan) sudah melakukan penanaman total sebanyak 141.218 tanaman vertiver pada luas areal tanam 226.473 meter persegi di Kecamatan Sukajaya yang merupakan daerah terparah diterjang longsor pada bulan lalu," kata Waluyo di Bogor, Jumat (28/2/2020).



Dia menyebutkan, bibit vertiver yang digunakan untuk ditanam pada lokasi rawan bencana longsor di Kecamatan Sukajaya merupakan bibit bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (Baca juga: Pemkab Bogor Siapkan Pemukiman Baru bagi Warga Korban Longsor di Sukajaya)

Selain itu, kata dia, meski sudah hampir dua bulan bencana longsor memporak-porandakan ribuan rumah dan bangunan di sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor bagian Barat itu, pihaknya bersama dengan unsur terkait masih melakukan pembersihan sisa-sisa lumpur di sekitar lokasi, khususnya terdampak khususnya pada wilayah Desa Harkat Jaya dan Pasir Madang, Kabupaten Bogor.

"Cuaca hujan yang masih terus menerus turun di wilayah Kabupaten Bogor, turut menjadi hambatan bagi kami dalam upaya melakukan pembersihan jalur-jalur. Namun secara umum wilayah Kecamatan Sukajaya kondusif dan belum ditemukan titik atau lokasi bencana lanjutan," tutur Waluyo.

Dia menyebutkan upaya pemulihan paska bencana yang dilakukan tim gabungan dari Polres Bogor bersama unsur TNI dari Kodim, Korem serta pihak BNPB dibantu warga setempat akan terus dilakukan hingga akhir Desember 2020.

"Penanggulangan bencana yang kami lakukan di wilayah Kecamatan Sukajaya ini, kami lakukan hingga bulan Desember tahun 2020," ujarnya. (Baca juga: Korban Longsor Sukajaya Enggan Pulang)
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak