Pilkada Tangsel, Pengamat Sebut Siti Nur Azizah Makin Populer

Jum'at, 31 Januari 2020 - 20:05 WIB
Pilkada Tangsel, Pengamat Sebut Siti Nur Azizah Makin Populer
Pilkada Tangsel, Pengamat Sebut Siti Nur Azizah Makin Populer
A A A
TANGERANG SELATAN - Tiga nama menguat sebagai bakal calon wali kota Tangsel pada Pilkada Kota Tangerang Selatan yang akan digelar September 2020. Ketiga nama tersebut yakni Siti Nur Azizah, Benyamin Davnie, dan Muhamad.

Pengamat Politik UIN Ciputat Zaki Mubarak menilai sebagai pendatang baru di panggung politik, Azizah berhasil membangun popularitasnya di Tangsel. "Enggak banyak nama yang beredar. Baru putrinya Pak Ma'ruf Amin saja yang muncul (Azizah). Yang muda-muda, visioner, dan berintegritas (memang) perlu dimunculkan," ungkap Zaki kepada wartawan, Jumat (31/1/2020).

Menurut dia, keberhasilan Azizah karena terus menyosialisasikan visinya yakni Pemerataan Kemajuan untuk Kesejahteraan (Permata) Tangsel ke berbagai komunitas warga. "Selama ini dibanding kandidat lain Ibu Azizah relatif berhasil membangun popularitasnya. Pak Muhammad juga cukup dikenal. Pak Benyamin ada problem karena dianggap bagian dari penguasa masa lalu, sementara masyarakat Tangsel menginginkan perubahan," ungkapnya.

Persoalan Benyamin lantaran selama dua periode mendampingi Airin Rachmi Diany sebagai Wali Kota Tangsel sehingga sosok Benyamin sulit dipisahkan dari Airin. "Selama itu (dua periode) banyak skandal yang melibatkan dinasti politik seperti dugaan korupsi di sejumlah dinas. Karena posisinya sebagai wakil Airin, maka Benyamin sering dipersepsikan sebagai bagian dari beroperasinya dan kerjanya dinasti politik," ujar Zaki.

Namun, itu hanya persepsi publik. Pastinya Benyamin juga tidak senang jika dianggap bagian dinasti politik.

Melihat kandidat yang nonkader partai, kata dia, calon nonparpol diperlukan pada umumnya karena elektabilitasnya lebih tinggi juga lebih populer. "Apalagi kondisi saat ini tingkat kepercayaan masyarakat pada parpol terus merosot. Bukan berarti kader parpol tidak ada yang bagus, ada juga beberapa yang bagus," ucapnya.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4417 seconds (0.1#10.140)