Percepat Pemeriksaan Covid-19, DKI Kini Miliki Mobile Lab

Selasa, 01 September 2020 - 19:59 WIB
loading...
Percepat Pemeriksaan Covid-19, DKI Kini Miliki Mobile Lab
Pemprov DKI Jakarta menghadirkan mobil laboratorium atau mobile lab untuk membantu mempercepat penanganan pemeriksaan Covid-19 menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Foto: SINDOnews/Bima Setiyadi
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menghadirkan mobil laboratorium atau mobile lab untuk membantu mempercepat penanganan pemeriksaan Covid-19 menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Dalam sehari, mobile lab mampu memeriksa 300 sampel.

Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah DKI Jakarta Endra Muryanto mengatakan, mobile lab merupakan kolaborasi Dinas Kesehatan bersama Human Initiative dan Agile innovation (Ai) Labs. Kolaborasi ini mendapat dukungan pendanaan dari Nama Foundation. (Baca juga: Kasus Positif Covid-19 di DKI Nyaris Tembus Angka Standar Bahaya WHO)

"Kapasitas tes maksimal per hari 300 sampel. Sampelnya nanti begitu diswab kemudian diperiksa di laboratorium. Di mobile lab ini akan ada proses mix PCR dan ekstraksi sampel yang di ruangannya sudah negative pressure," ujarnya melalui siaran tertulisnya, Selasa (1/9/2020).

Terdapat tiga mobile lab yang akan selesai dan siap beroperasi pada minggu ke-4 akhir September 2020. Dia berharap hadirnya mobil laboratorium dapat membantu memenuhi kebutuhan tes Covid-19 di Jakarta.

Adapun lokasi, jadwal keliling mobil, serta persyaratan bagi warga yang akan melakukan pemeriksaan di mobile lab akan diinformasikan setelah mobil memenuhi syarat uji laboratorium.

Senior General Manager Project Manajemen Human Initiative Ferry Suranto menambahkan, kesiapan mobile lab telah mencapai tahap 80 persen. Semua peralatan laboratorium telah disesuaikan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditentukan dan membantu menghadirkan laboratorium pendamping di Jakarta. (Baca juga: 126 Pegawai RSUP Persahabatan Positif COVID-19 dan 2 Meninggal)
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)