150 Pesawat Pengangkut Alkes dan APD dari China Mendarat di Bandara Soetta

Sabtu, 02 Mei 2020 - 15:59 WIB
loading...
150 Pesawat Pengangkut Alkes dan APD dari China Mendarat di Bandara Soetta
Pesawat yang mengangkut alkes dan APD tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
TANGERANG - Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, mulai mengubah operasionalnya menjadi bandara yang khusus mengangkut bantuan pandemi Covid-19.

Berdasarkan data pengelola bandara, yakni PT Angkasa Pura (AP) II, selama periode 22 Maret hingga 30 April 2020, tercatat total bantuan yang tiba mencapai lebih dari 16 juta pieces dengan volume lebih dari 212,84 ton.

President Director PT AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, bantuan berasal dari berbagai negara untuk instansi pemerintah, rumah sakit, yayasan dan swasta, yang langsung dikoordinasikan oleh pihak BNPB.

"Bantuan yang diangkut dengan pesawat itu sebagian besar berupa alat kesehatan dan Alat Pelindung Diri (APD)," kata Awaluddin, dalam surat elektroniknya, Sabtu (1/5/2020).

Bantuan Covid-19 itu ada juga yang untuk disalurkan kepada sejumlah wilayah Indonesia. Pihaknya memastikan barang tersebut aman dalam kargo dan dapat tersalurkan hingga kepara penerima bantuan.

"Jumlah penerbangan yang membawa bantuan terhitung sejak 22 Maret 2020 sudah lebih dari 150 penerbangan. Kemarin malam, 30 April 2020, baru saja tiba bantuan Alkes dan APD Relawan Anak Bangsa," jelasnya.

Bantuan Alkes dan APD itu berupa berbagai jenis masker, APD, disposable gloves, dan thermometer yang diterbangkan oleh Garuda Indonesia GA 899 dari Guang Zhou, China.

"Garuda merupakan pesawat berbadan lebar (wide body) Airbus A330 dengan muatan di kabin pesawat dan lambung pesawat. Sehingga total bantuan yang diangkut bisa lebih banyak, mencapai 10-15 ton," paparnya.

Hingga kini, penerbangan yang membawa bantuan Covid-19 masih terus berdatangan. Sejalan dengan itu penanganan kargo di Bandara Soetta diharapkan berjalan lancar.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)