Tol Jakarta-Cikampek Terdampak Banjir, Sejumlah Gerbang Tol Ditutup

Rabu, 01 Januari 2020 - 09:29 WIB
Tol Jakarta-Cikampek Terdampak Banjir, Sejumlah Gerbang Tol Ditutup
Tol Jakarta-Cikampek Terdampak Banjir, Sejumlah Gerbang Tol Ditutup
A A A
BEKASI - Akibat curah hujan tinggi yang turun secara menerus sejak Rabu (1/1/2020) dini hari, Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta tergenang air. PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus berusaha mengatasi beberapa titik genangan air tersebut.Titik-titik yang terdapat genangan setinggi 5-10 cm di sebagian lajur, yaitu Lajur 1 dan Lajur 2, pada Km 27 sampai Km 26, Km 24, Km 21, Km 19, dan Km 17.

“Untuk di beberapa titik tersebut, pengguna jalan masih dapat mengakses jalan tol dengan mengambil Lajur 3 dan Lajur 4 dengan berhati-hati,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.

Sejak pukul 07.50 WIB, pengguna jalan dari arah Bekasi menuju Cawang dialihkan ke Jalan Tol JORR untuk menghindari wilayah Jatibening Km 9 yang tingginya air mencapai 10-15 cm. Jalur tersebut hanya bisa dilintasi di Lajur 4 untuk kendaraan kecil.

Untuk Gerbang Tol (GT) yang saat ini ditutup sementara karena genangan air adalah, GT Cikarang Barat 4 arah Jakarta, tutup mulai pukul 07.30 WIB, GT Cibitung 1 & 2, tutup mulai pukul 06.00 WIB, GT Tambun, tutup mulai pukul 06.00 WIB, GT Cikarang Timur arah Jakarta, tutup mulai pukul 07.40 WIB.

“Jasa Marga juga meminta pengguna jalan untuk mengantisipasi luapan danau Grand Wisata yang saat ini telah masuk ke lajur akses masuk Tambun,” tambah Dwimawan.

Untuk memastikan kondisi jalan tetap aman untuk pengguna jalan, saat ini petugas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek tengah menyiagakan perambuan serta penempatan petugas sebelum lokasi genangan air agar pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan mengantisipasi genangan air.

Selain itu, untuk memastikan genangan air surut dengan cepat dan kondisi kembali seperti semula, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek juga menurunkan 2 unit pompa diesel moveable, 1 unit pompa submersible dan 4 unit pompa portable.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7731 seconds (0.1#10.140)