18,14% Kasus Pelecehan Seksual Terjadi di Atas KRL

Jum'at, 27 Desember 2019 - 18:23 WIB
18,14% Kasus Pelecehan Seksual Terjadi di Atas KRL
18,14% Kasus Pelecehan Seksual Terjadi di Atas KRL
A A A
JAKARTA - Perwakilan dari Komunitas perEMPUan yang juga tergabung dalam Koalisi Ruang Publik AMAN (KRPA) memaparkan data dari hasil survei sebanyak 46,80% responden surveinya di seluruh Indonesia mengaku pernah mengalami pelecehan seksual di transportasi umum.

Founder komunitas perEMPUan Rika Rosvianti mengatakan, pelecehan seksual yang terjadi di transportasi umum sebanyak 15,77%, kedua tertinggi setelah jalanan umum, 28,22%."Moda transportasi umum yang dilaporkan terjadi pelecehan antara lain adalah bus, 35.80%, angkot 29,49%, KRL 18,14%, ojek online 4,79%, dan ojek konvensional 4,27%," kata Rika di Stasiun Jakarta Kota, Jumat (27/12/2019).

Dari data survei KRPA, pelecehan yang sering terjadi di transportasi umum datang dalam bentuk verbal, fisik dan non-fisik, mulai dari pelecehan verbal seperti siulan, suara kecupan, komentar atas tubuh, komentar seksual yang gamblang, komentar seksis, dan komentar rasis.

"Sementara bentuk fisik adalah main mata, difoto secara diam-diam, diklakson, gestur vulgar, dipertontonkan masturbasi publik, dihadang, diperlihatkan kelamin, didekati dengan agresif secara terus menerus, diikuti/dikuntit, hingga disentuh, diraba, dan digesek dengan alat kelamin. Penting untuk masyarakat tahu beragam bentuk pelecehan ini, agar dapat dipahami dan mau mengintervensi atau melaporkan saat mengetahuinya," ujarnnya.

Rika melanjutkan, kekerasan seksual di tempat dan transportasi umum menghambat terwujudnya kesetaraan gender. (Baca: Pakai Helm Full Face, Pria Pamer Alat Vital di Kos Putri Depok)

"Jangankan beraktualisasi diri secara maksimal, perempuan dewasa maupun anak perempuan bahkan terancam mengalami kekerasan seksual dalam perjalanannya mengakses hak dasar sebagai warga negara sepert pendidikan, kesehatan dan pekerjaan," ucap Rika.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4558 seconds (0.1#10.140)