Survei Instrat: Ridwan Kamil-Suswono Unggul, Didukung Banyak Anak Abah

Minggu, 06 Oktober 2024 - 14:52 WIB
loading...
A A A
Adi berpendapat, ini mungkin mencerminkan kejenuhan masyarakat setelah rangkaian pemilu panjang di 2024. “Setelah pilpres dan pileg, masyarakat cenderung ingin penyelesaian cepat. Mereka merasa salah satu pasangan, kemungkinan besar Ridwan Kamil-Suswono, akan memenangkan mayoritas suara dalam satu putaran," imbuhnya.

Meski RIDO saat ini berada di puncak elektabilitas, 15,66% undecided voters dinilai masih menjadi faktor penting yang dapat mengubah peta politik di minggu-minggu terakhir sebelum pemilihan. Menurutnya, undecided voters ini adalah sasaran yang bisa dimanfaatkan oleh pasangan Pramono-Rano.

"Dengan masih adanya pemilih yang belum menentukan pilihan, ruang bagi perubahan tetap terbuka. Pasangan Pramono-Rano, meskipun tertinggal, masih bisa mengejar jika mereka dapat mengubah strategi kampanye mereka secara efektif dan fokus pada isu-isu yang relevan bagi pemilih undecided," ujar Adi.

Hasil survei tersebut secara keseluruhan memberikan gambaran bahwa pasangan RIDO saat ini dalam posisi yang sangat kuat untuk memenangkan Pilkada Jakarta. Namun, dengan adanya undecided voters dan popularitas Rano Karno yang lebih tinggi dari Pramono Anung, pertarungan belum sepenuhnya berakhir.

Kampanye efektif dalam beberapa minggu terakhir dianggap bakal menjadi penentu akhir dari kontestasi politik ini. Adapun survei ini melibatkan 1.750 responden menggunakan metode multistage random sampling, dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin of error sekitar 2,34%. Wawancara dilakukan secara tatap muka pada 25-30 September 2024.
(rca)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0908 seconds (0.1#10.140)