Survei Instrat: Ridwan Kamil-Suswono Unggul, Didukung Banyak Anak Abah

Minggu, 06 Oktober 2024 - 14:52 WIB
loading...
Survei Instrat: Ridwan...
Elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) pada Pilkada Jakarta 2024 unggul dalam survei terbaru Indonesia Strategic Institute (Instrat). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) pada Pilkada Jakarta 2024 unggul dalam survei terbaru Indonesia Strategic Institute (Instrat). Elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 itu mencapai 48,29% dalam survei yang dilakukan Instrat pada 25-30 September 2024.

Di urutan kedua, pasangan nomor urut 3 Pramono Anung -Rano Karno memperoleh 31,71%. Sedangkan pasangan nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana hanya 4,34% dukungan. Sebanyak 15,66% responden menyatakan belum menentukan pilihan, memberikan ruang bagi perubahan hasil dalam beberapa pekan mendatang.

Analis Instrat Adi Nugroho menekankan pentingnya dukungan dari kelompok pendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024 atau dikenal Anak Abah. Dalam survei tersebut, 78,84% dari kelompok Anak Abah sudah menentukan pilihan mereka dalam Pilkada Jakarta, dengan 46,6% di antaranya mendukung pasangan Ridwan Kamil-Suswono.





"Ini menunjukkan kekuatan mereka dalam menarik pendukung dari basis Anies Baswedan, yang menjadi salah satu kunci penting dalam pilgub kali ini," ujar Adi Nugroho, Minggu (6/10/2024).

Adapun pasangan Pramono -Rano mendapatkan 29,22% dukungan dari kelompok Anak Abah, sementara Dharma Pongrekun-Kun Wardana hanya meraih 3,27%. “Pergeseran dukungan dari pendukung Anies ini berperan besar dalam meningkatkan posisi Ridwan Kamil di kontestasi ini,” tambahnya.

Survei Instrat juga menunjukkan bahwa Rano Karno, meskipun menjadi calon wakil gubernur, memiliki popularitas dan daya tarik lebih besar dibandingkan calon gubernurnya, Pramono Anung. Rano atau akrab disapa Bang Doel menduduki posisi ketiga dalam survei top of mind di bawah Ridwan Kamil dan Anies Baswedan, sedangkan Pramono Anung berada di posisi kelima.

"Rano Karno lebih populer dan disukai publik dibandingkan Pramono Anung. Namun, posisinya sebagai cawagub bisa menghambat potensi elektoralnya. Jika Rano ditempatkan sebagai calon gubernur, posisinya mungkin lebih kompetitif," kata Adi.

Di samping itu, survei juga memotret mayoritas masyarakat Jakarta yakin bahwa Pilkada Jakarta berlangsung dalam satu putaran. Sebanyak 64,11% responden percaya bahwa proses pemilihan tidak akan berlanjut ke putaran kedua, sementara 16,20% memperkirakan akan ada dua putaran.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0845 seconds (0.1#10.140)