Wali Kota Jaktim Segel Apartemen dan Mobil Mewah Penunggak Pajak

Rabu, 11 Desember 2019 - 22:33 WIB
Wali Kota Jaktim Segel Apartemen dan Mobil Mewah Penunggak Pajak
Wali Kota Jaktim Segel Apartemen dan Mobil Mewah Penunggak Pajak
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur melakukan penempelan stiker terhadap bangunan dan kendaraan penunggak pajak di sejumlah tempat. Penempelan stiker itu merupakan tindak lanjut dalam rangka memberikan efek jera kepada para penunggak pajak yang belum membayar kewajibannya.

Pemasangan stiker yang dipimpin langsung Wali Kota Jakarta Timur M Anwar didampingi Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta Faisal Syafruddin besera perwakilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Rombongan menyasar apartemen Bassura City untuk menagih pajak bumi dan bangunan (PBB) kepada pemilik apartemen tersebut. Potensi raihan pajak dari tempat ini mencapai Rp95,9 miliar dengan jumlah apartemen sebanyak 6.843 unit.

"Unit yang baru dibayarkan baru sebanyak 64 hunian dengan nilai pajak sebesar Rp1,1 miliar. Sehingga total hunian yang belum dibayarkan ada sebanyak 6.779 unit dengan jumlah PBB terhutang sebesar Rp94,8 miliar. Harapan saya pekan ini segera dituntaskan," kata M Anwar.

Selanjutnya, rombongan melanjutkan inspeksi tersebut dengan mendatangi rumah warga yang kedapatan menunggak pajak mobil di Jalan Kelapa Kuning Komplek Perumahan Billymoon, Duren Sawit. Meskipun pemiik rumah sedang tidak berada dikediaman, namun pemasangan stiker tersebut tetap berlangsung.

Anwar mengatakan, pemasangan stiker dilakukan untuk memberikan efek jera bagi para penunggak pajak yang terkesan mengabaikan kewajibannya. Apabila pemilik kendaraan tak kunjung melakukan pembayaran, maka pihaknya akan menyita mobil dan melakukan pemblokiran nomor polisi kendaraan tersebut.

"Stiker ini tidak boleh dicabut. Kalau sampai dicabut maka pelakunya bisa dikenai sanksi pidana. Ini sebagai salah satu tindakan untuk memberikan efek jera pada penunggak pajak," tukasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5445 seconds (0.1#10.140)