alexametrics

Kamera ETLE di Tol-Jalur Transjakarta, Kendaraan Penunggak Pajak Terlihat

loading...
Kamera ETLE di Tol-Jalur Transjakarta, Kendaraan Penunggak Pajak Terlihat
Dua kamera ETLE sudah dipasang di Jalan Tol Jakarta dan dua kamera ETLE di Jalur Transjakarta. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, dua kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) sudah dipasang di Jalan Tol Jakarta dan dua kamera ETLE di Jalur Transjakarta. Ke depan, kata dia, kamera tersebut bakal ditambah.

Dia mengatakan, ETLE di pintu masuk jalan tol itu merupakan pengembangan dari kamera yang terpasang di sejumlah titik sebelumnya. Pemasangan itu pun hasil kerja sama dengan pihak Jasamarga selaku pengelola tol.

Menurutnya, kamera itu bisa mendeteksi pelanggaran lalu lintas yang terjadi di tol lantaran terkoneksi dengan NTMC Polri. Lalu, sistem itu juga bisa melihat kendaraan yang tidak taat pajak dan bisa mendeteksi adanya kecelakaan lalu lintas.



"Saat ini dua titik kita pasang (di Tol), titik tersebut nanti terlihat kalau pernah ditilang dan belum disidang. Lalu, saat ada kendaraan belum bayar pajak nanti kelihatan pas masuk tol, kelihatan juga jika nomornya bodong," terang Gatot di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Selain di pintu tol, kata dia, dua kamera ETLE pun telah terpasang di jalur Transjakarta. Ini juga kata dia, hasil kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dan PT Transjakarta sebagai pengelola. Kamera itu bisa mendeteksi kendaraan yang bukan termasuk dalam bus Transjakarta.

"Jadi ini (kamera ETLE) akan membantu mensterilkan jalur Transjakarta dan diharapkan masyarakat pun menjadi beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum," tuturnya.

Kendaraan selain milik Transjakarta yang masuk jalur Transjskarta, tambahnya, bakal ditilang dengan mendeteksi nomor kendaraannya. Sistem akan memberitahu ke operator NTMC Polri saat ada pelanggar dan dilakukan penindakan oleh petugas.

"Semoga nanti terus bertambah sehingga di tiap pintu tol ada ETLE untuk meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Begitu pula di jalur Transjakarta," katanya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak