Dirlantas: Tilang Manual Bukan Memperbanyak Tindakan, tapi Meningkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

Kamis, 18 Mei 2023 - 09:17 WIB
loading...
Dirlantas: Tilang Manual Bukan Memperbanyak Tindakan, tapi Meningkatkan Kesadaran Berlalu Lintas
Polda Metro Jaya kembali memberlakukan tilang manual untuk menindak pelanggar lalu lintas. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya kembali memberlakukan tilang manual untuk menindak pelanggar lalu lintas. Terpenting tilang manual bukan menjadi ajang polisi memperbanyak penindakan melainkan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman, tidak semua pelanggaran akan ditilang. Beberapa pelanggaran bisa ditindak dengan cara ditegur.

Baca juga: Tilang Manual Kembali Diterapkan Polisi, Begini Tanggapan Masyarakat

Untuk itu, masyarakat jangan takut jika bertemu polisi di jalan jika tak melakukan pelanggaran. "Menilang ini adalah langkah paling terakhir. Dalam artian anggota harus betul-betul bisa menilai mana yang patut dilakukan sampai penilangan," ujarnya, Kamis (18/5/2023).

"Harapan kita masyarakat sadar. Ibaratnya aturan ini memberikan pesan kepada masyarakat sekarang sudah ada pemberlakuan ini (tilang manual), kita harus tertib. Sebetulnya tanpa ini harus tertib," sambungnya.

Dia juga mengimbau petugas di lapangan tidak mencari-cari kesalahan para pengendara. "Kita sangat tekankan (tidak mencari kesalahan). Dari dulu juga nggak ada mencari-cari, pasti ada kesalahannya," katanya.

Jajaran yang bertugas harus tetap menjaga kepercayaan publik. Dia akan mengawasi langsung petugas yang melakukan penindakan.

"Makanya jenjang pengawasan kita lakukan betul-betul, dari pengarahan, pengawasan baik secara langsung maupun tidak langsung," ujar Latif.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)