Mulai Hari Ini, LRT Jakarta Beroperasi Komersil Tarif Rp5.000

Minggu, 01 Desember 2019 - 16:09 WIB
Mulai Hari Ini, LRT Jakarta Beroperasi Komersil Tarif Rp5.000
Mulai Hari Ini, LRT Jakarta Beroperasi Komersil Tarif Rp5.000
A A A
JAKARTA - Para penumpang lintas rel terpadu atau light rail transit (LRT) Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading hari ini mulai dikenakan tarif koemrsial sebesar Rp5.000. Tarif itu sudah sesuai dengan ketentuan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian MRT dan LRT.

"Tarif Rp5.000 flat telah ditetapkan pada Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 34 Tahun 2019 dan berlaku mulai hari ini," kata Corporate Communication PT LRT Melisa Suciati di Jakarta, Minggu (1/12/2019).

Bagi pelanggan yang mempunyai kartu single journey trip, kata dia, penumpang harus melakukan pembayaran biaya deposito kartu sebesar Rp15.000. Namun, uang itu akan dikembalikan setelah penumpang keluar dari area peron kereta.

"Selain tarif perjalanan sebesar Rp5.000 terdapat biaya deposit kartu sebesar Rp15.000 yang akan dikembalikan setelah pelanggan keluar dari area peron
kereta," tambahnya.

Pengembalian deposit dapat dengan mudah dilakukan via Loket atau Passenger Agent Office (PAO) maupun Ticket Vending Machine (TVM) selama masih dalam jangka waktu pengembalian deposit, yaitu 7 hari terhitung sejak pelanggan tap-out di stasiun.

Bagi pelanggan yang sudah memiliki Kartu Uang Elektronik (KUE) yang diterbitkan oleh Bank DKI, Mandiri, BNI, BRI & BCA sudah bisa digunakan, sehingga bisa langsung menuju ke gerbang tiket untuk masuk ke area peron kereta.

Saldo pelanggan pengguna Kartu Uang Elektronik akan terpotong sebesar Rp5.000 ketika keluar dari area peron kereta. Berbeda dengan pada saat uji publik, saat ini seluruh gerbang tiket LRT Jakarta telah dapat mengakomodir Tap-In dan Tap-Out dengan menggunakan Kartu
Uang Elektronik.

Bagi pelanggan yang akan bepergian dengan tujuan lanjutan menggunakan Transjakarta, agar mengunakan kartu uang elektronik sejak tap in dari stasiun pemberangkatan dan tap out di out di gate integrasi (kartu akan terpotong 5000 + 3500) dan langsung dapat melanjutkan perjalanan dengan bus Transjakarta melalui skybridge ke halte Transjakarta Pemuda Rawamangun.

"Semoga operasi komersial LRT Jakarta bisa berjalan dengan baik dan lancar, mohon doa dan dukungan semua pihak agar semakin banyak masyarakat menggunakan transportasi publik dalam rangka bersama-sama mewujudkan kota Jakarta yang ramah lingkungan dan bebas macet," harapnya.

Seluruh Jajaran Direksi dan Management menandakan hari bersejarah ini dengan berkumpul di Stasiun Pegangsaan Dua dan melakukan kegiatan doa bersama.

Turut hadir dan mengawali perjalanan kereta pertama yang berlepas dari Stasiun Pegangsaan Dua sebagai penumpang kereta.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8716 seconds (0.1#10.140)