alexametrics

Catat Tanggalnya, DKI Akan Gelar Sejumlah Festival Menarik Pekan Ini

loading...
Catat Tanggalnya, DKI Akan Gelar Sejumlah Festival Menarik Pekan Ini
Foto: Ilustrasi/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata, Dadang Solihin mengatakan, festival pertama akan diisi oleh Jakarta International Performing Arts (JakIPA) 2019 yang akan diselenggarakan pada Sabtu 16 November 2019 dan Minggu 17 November 2019 di Plaza Timur Monas Jakarta.

Menurut Dadang, JakIPA adalah event unik yang mengambil unsur mainstream, seperti teater, tari, musik, film, opera, magic, spoken words, circus arts, recitation, musical theater yang dikembangkan dan mengacu pada seni konseptual atau avant garde yang tumbuh dari seni rupa dan dapat beralih ke arah seni kontemporer.

Selanjutnya JakIPA sendiri akan melibatkan komunitas pelaku dan penampil seni nusantara dengan negara-negara yang tergabung dalam kerja sama dengan Jakarta melalui program Sister City maupun para penampil yang diundang untuk berkolaborasi dengan para artis Jakarta, antara lain dari Berlin (State School of Artistic Berlin), Budapest, Beijing, dan Moskow (Moscow Art Group Dance Ensemble Junost).



"Diharapkan akan terciptanya 'mutual cultural understanding', dan JakIPA menjadi event rutin dan ikonik dalam Pop Culture Jakarta, serta nama Jakarta akan lebih mendunia dan dapat mempromosikan citra Jakarta sebagai kota kosmopolitan yang modern dan berbudaya," ujar Dadang saat melakukan konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Dadang menambahkan, event Jakarta Cosplay Parade 2019 bertaraf Internasional dan akan dilaksanakan pada Minggu 17 November 2019 di Lapangan Monas Silang Barat, dengan mengangkat tema 'Indonesia Universe'. Jakarta Cosplay Parade 2019 akan menyajikan lomba untuk berbagai kategori bagi Cosplayer, dengan hadiah senilai lebih dari Rp134 miliar dan akan diikuti sekitar 1.000 Cosplayer dari DKI Jakarta, bahkan dari wilayah luar Jakarta.

Para peserta harus tampil memukau untuk menarik nilai para Juri yang juga merupakan Cosplayer yang telah diakui prestasinya di kancah Internasional, seperti Erlan Bakabon, Frea Mai, Sora Hua, dan Echow Eko. Tak hanya itu, event ini juga akan mendatangkan Cosplayer kenamaan dari 6 negara sahabat, yaitu Jepang, Malaysia, Singapura, Thailand, Philipina, dan Vietnam.

"Diharapkan Kehadiran mereka tentunya menjadi daya Tarik tersendiri bagi pecinta Cosplay di Indonesia, yang akan menyapa penggemar mereka di Indonesia dalam 'Meet & Greet dengan Cosplayer Mancanegara'. Serangkaian event cosplay tersebut akan ditutup dengan Parade Cosplay terbesar di Indonesia yang akan mengitari area monas dan sekitarnya," ujarnya.

Terakhir, Dadang mengatakan, untuk event ketiga yakni Festival Pesona Lokal (FPL) Jakarta, yang akan menampilkan sajian beragam aktivitas untuk mengangkat budaya Betawi dan kearifan lokal Provinsi DKI Jakarta. FPL akan berlangsung di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Sabtu 16 November 2019.

Festival Pesona Lokal akan menampilkan Parade Karnaval Budaya, Lomba Tari Lokal Kontemporer, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer pada media kipas, Kompetisi ala Selebgram Lokal, Festival Kuliner dan Foodtruck, dan permainan lokal serta bazaar aneka produk lokal.

"Acara akan dimeriahkan oleh artis ibukota Raisa, Zaskia Gotik, Abdul Idol, dan Efek Rumah Kaca. Ini merupakan penutup dari rangkaian Festival Pesona Lokal 2019 yang diselenggarakan di 7 kota besar di Indonesia dari Agustus hingga November 2019 di Medan, Denpasar, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta, dan Jakarta," pungkasnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak