alexametrics

Cegah Intrusi Air Laut, Dinas SDA DKI Bangun Tanggul di Pantai Utara

loading...
Cegah Intrusi Air Laut, Dinas SDA DKI Bangun Tanggul di Pantai Utara
Dinas Sumber Daya Air DKI akan membangun tanggul-tanggul di pesisir pantai Jakarta utara untuk mencegah terjadinya intrusi air laut.Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.dok
A+ A-
JAKARTA - Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta berencana membangun tanggul-tanggul di pesisir pantai Jakarta utara untuk mencegah terjadinya intrusi air laut.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juani Yusuf mengatakan, saat ini beberapa wilayah di Jakarta sedang mengalami intrusi air laut. Jika hal itu dibiarkan maka akan berdampak pada air tanah yang ikut tercemar.

"Wilayah yang mengalami intrusi air laut di Jakarta Utara, sebagian besar daerah pesisir. Karena itu langsung berpapasan dengan laut, kalau ke wilayah lainnya itu juga ada, tapi tidak sebanyak di Jakarta Utara," kata Juani saat dikonfirmasi, Kamis, 7 November 2019 kemarin.



Untuk mencegah hal buruk itu terjadi, lanjut dia, pihaknya segera membangun tanggul-tanggul di wilayah terdampak yakni pesisir pantai Utara Jakarta."Kita perintahkan untuk membuat sumur resapan dengan target satu juta lebih, dan kita juga bikin tanggul-tanggul pantai untuk mencegah intrusi air laut," ujarnya.

Juani menuturkan, peristiwa alam tersebut terkadi karena faktor penggunaan air tanah yang berlebihan oleh segelintir pihak di Jakarta. Untuk itu Dinas SDA DKI Jakarta bersama legislatif tengah menyusun aturan untuk mengurangi penggunaan air tanah.

"Itu kan namanya penurunan muka air tanah, memang akibat dari pengambilan air tanah secara besar-besaran. Saat ini sedang dibahas untuk mengontrol penggunaan air tanah," pungkasnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak