September, Ratusan Jalan Lingkungan Perumahan Bekasi Ditingkatkan

Kamis, 27 Agustus 2020 - 08:30 WIB
loading...
September, Ratusan Jalan Lingkungan Perumahan Bekasi Ditingkatkan
Perumahan Bumi Cibarusah Asri di Desa Cibarusah Jaya, Cibarusah, Kabupaten Bekasi sudah lama ditinggalkan pengembang. Rencananya, jalan lingkungan perumahan akan ditingkatkan oleh pemerintah daerah. Foto: SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi secara bertahap mulai memperbaiki jalan lingkungan yang berada dalam kawasan perumahan pada September 2020. Rencananya, upaya peningkatan itu berupa perbaikan jalan maupun penambahan saluran air khusus lingkungan tempat tinggal warga perumahan.

Kabid Perumahan Rakyat Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bekasi Budi Setiawan mengatakan, upaya peningkatan fasilitas jalan dan saluran air akan dilakukan di kawasan lingkungan perumahan yang berada di 21 Kecamatan se-Kabupaten Bekasi.

”Dari 23 kecamatan, hanya Kecamatan Cabangbungin dan Muaragembong yang tidak mendapatkan upaya peningkatan karena dua wilayah tersebut tidak memiliki kawasan perumahan seperti wilayah lainnya,” ujarnya, Rabu (26/8/2020).

Namun, dua wilayah tersebut mendapatkan prioritas perbaikan untuk jalan lingkungan. (Baca juga: Ratusan Karyawan Terpapar Covid-19, Pabrik LG di Bekasi Tutup Sementara)

Menurut Budi, untuk anggaran peningkatan kualitas prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) pada perumahan tersebut telah dianggarkan dari APBD 2020 sebesar Rp60 miliar untuk ratusan titik di kawasan perumahan. ”Jadi anggaran itu untuk peningkatan di 300 titik kawasan perumahan,” ucapnya.

Sebelum wabah Covid-19, Kabupaten Bekasi terlebih dulu menganggarkan Rp200 miliar untuk peningkatan 969 titik perumahan karena terkena recofusing, maka anggaran peningkatan berkurang menjadi Rp60 miliar.

”Karena anggaran dialihkan untuk penanganan Covid-19, jadi hanya jalan perumahan prioritas saja yang ditingkatkan,” ucapnya.

Meski demikian, pemerintah akan kembali menganggarkan di APBD Perubahan 2020 untuk peningkatan di 500 titik kawasan perumahan lainnya. Sebab, peningkatan jalan kawasan perumahan ini sudah menjadi skala prioritas Kabupaten Bekasi pada tahun ini dengan targetan dua tahun ke depan semua jalan perumahan sudah ditingkatkan. (Baca juga: Warga Tambun Selatan Tolak Pembongkaran Dua Jembatan untuk Depo LRT Jabodebek)

Budi menjelaskan, jalan kawasan perumahan ini berbeda dengan jalan lingkungan pada umumnya, karena jalan ini memang berada dalam lingkungan perumahan bukan di lingkungan permukiman warga. ”Jadi tahun ini peningkatan terbagi dua yakni kawasan perumahan dan jalan lingkungan warga,” katanya.

Dari total 355 perumahan yang tercatat di Kabupaten Bekasi, baru 35 perumahan yang sudah menyerahkan kewajiban fasos-fasum. Namun, baru 10 persen pengembang yang menyerahkan lahan fasos dan fasum perumahannya. Apalagi 60 lebih pengembang perumahan tidak diketahui keberadaannya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2130 seconds (0.1#10.140)