Pemkot Jakbar buatkan 21 Lubang Galian Septic Tank di Tanjung Duren

Rabu, 09 Oktober 2019 - 21:12 WIB
Pemkot Jakbar buatkan 21 Lubang Galian Septic Tank di Tanjung Duren
Pemkot Jakbar buatkan 21 Lubang Galian Septic Tank di Tanjung Duren
A A A
JAKARTA - Sebanyak 21 lubang galian septic tank dibangun Pemkot Jakarta Barat untuk membantu mengatasi masalah komunal di Gang Sekretaris I, RT015/RW007, Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Pembangunan dan pengeboran lubang dilakukan sejak Rabu (9/10/2019) pagi.

Sejumlah petugas PPSU dan Sudin SDA Jakbar berjibaku penggalian di 21 titik lokasi sepanjang Gang Sekretaris I. Para pekerja membawa bor, cangkul, linggis untuk menggali lubang yang kedalamannya mencapai 1,5-2 meter.

Lurah Tanjung Duren Utara, Iskandar mengatakan, hari ini sudah mulai dilakukan penggalian dan ditargetkan dalam sepekan lubang itu telah selesai dikerjakan. "Penggalian tangki septik untuk menampung jamban warga yang tidak memiliki septic tank, sehingga warga tidak ada lagi buang air besar (BAB) ke saluran," kata Iskandar di Gang Sekretaris I, Rabu (9/10/2019).

Sebelumnya, Pemkot Jakarta Barat berencana mengatasi masalah komunal dengan membangun tiga tangki di Gang sekretaris. Namun ukuran tangki yang besar tidak memugkinkan untuk masuk ke gang. (Baca: Ratusan Warga BAB di Jamban, Ini Respons Lurah Tanjung Duren Utara)

Sehingga, pihak Pemkot mengganti ukuran tangki septik yang lebih kecil dengan jumlah yang banyak. Lubang itu nantinya menyalurkan air hingga ke Kali Gendong. “Kemarin kita sudah ada barang untuk septic tank ukurannya 2,5x1,20 m memang bisa tapi melihat medannya seperti ini agak sulit. Sehingga tadi malam saya dapat info ada septic tank yang ukuran 0,8 x1 m itu lebih ringkas kita membuatnya," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3594 seconds (0.1#10.140)