Rayakan HUT ke-79 RI, Siswa SD Pangudi Luhur Jakarta Mendaki Puncak Gunung Rinjani

Jum'at, 30 Agustus 2024 - 14:20 WIB
loading...
Rayakan HUT ke-79 RI,...
Michael Hiroki, siswa SD Pangudi Luhur, Jakarta berhasil mendaki puncak Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Michael Hiroki, siswa SD Pangudi Luhur, Jakarta berhasilmendaki puncak Gunung Rinjani , Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pendakian tersebut dilakukan dalam rangka merayakan HUT ke-79 RI, juga untuk memahami pentingnya menjaga lingkungan.

Dalam pendakian tersebut, Michael Hiroki ditemani Falentio Hikaru dan ayahnya Leonardo. Kegiatan keluarga ini dalam memperingati Kemerdekaan Indonesia bisa menjadi salah satu contoh bagaimana komunitas terkecil bisa melakukan hal yang positif dan membangun.

"Kami melakukan berbagai persiapan yang matang sebelum keberantkatan. Menarik banget karena memang di usia anak-anak ku yang masih belia, mereka sudah bisa mendaki Gunung yang tinggi," kata Leonardo, Jumat (30/8/2024).



Pengenalan anak sejak dini terhadap isu lingkungan menjadi contoh positif dan bisa diikuti oleh lebih banyak lagi keluarga. Hal ini juga menjadi inspirasi positif bagi generasi bangsa karena upaya tersebut dilakukan keluarga Leonardo dengan kreatif dan menantang.

Dengan begitu, kedua anaknya yang masih berusia di bawah 10 tahun pun sudah mulai mengenal alam dan bagaimana kita bisa menjaga kelestariannya.

Sebagai informasi, dengan ketinggiannya yang mencapai 3.726 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL), puncak Rinjani dinobatkan sebagai puncak gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah puncak Gunung Kerinci di Pulau Sumatera. Karena itulah puncak Rinjani sangat mendominasi background view pulau Lombok dari sebelah utara.



Lokasi persis Gunung Rinjani terletak pada area perbatasan garis Wallace, yang merupakan garis pertemuan flora fauna asiatis dan Australis dalam perspektif ilmu Geografi. Hal ini membuat gunung ini kaya akan beragam flora dan fauna.

Ada banyak jenis hewan dan tumbuhan unik yang berkembang di sini, di antaranya bunga Edelweiss yang unik. Sementara untuk fauna nya terdapat Lutung Budeng, Kijang, Burung Kolibri, hingga Trenggiling.

"Pendakian ini menjadi salah satu cara kami mengajarkan kepada anak-anak juga pentingnya cinta Tanah Air, khususnya saat momen perayaan HUT ke-79," ucap dia.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)