519 Pelajar Diamankan Polisi, Disdik DKI Koordinasi ke Polda Metro

Selasa, 01 Oktober 2019 - 23:03 WIB
519 Pelajar Diamankan...
519 Pelajar Diamankan Polisi, Disdik DKI Koordinasi ke Polda Metro
A A A
JAKARTA - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta tengah melakukan koordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk mendata pelajar yang terlibat demonstrasi di Gedung DPR/MPR, Jakarta, kemarin. Pasalnya, tak semua pelajar yang demo di DPR dari Jakarta.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikam DKI Jakarta, Ratiyono. Kata dia, ada juga pelajar dari wilayah lain seperti Bogor, Depok, Banten dan Bekasi.

"Setelah setiap kejadian, dan ketika ada informasi bahwa ada yang ditahan di Polda pasti kami utus pejabat kami untuk merapat ke Dirkrimum untuk meminta data, baru setelah itu dikroscek dari SMA/SMk mana," kata Ratiyono di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Meski hingga saat ini belum ada kepastian mengenai jumlah pelajar dari Jakarta yang ditangkap Polda Metro Jaya, Ratiyono meminta, pihak kepolisian untuk memperlakukan mereka seperti halnya anak sendiri.

"Jadi jumlah pastinya memang ada di Polda. Tapi yang perlu saya sampaikan bahwa dari tanggal 26 saya sudah memerintahkan agar SMA/SMK setiap pagi menerapkan absensi cacah jiwa," ujarnya.

Ratiyono menilai, apa yang dilakukan oleh para pelajar saat melakukan demonstrasi masih dalam tahap wajar, ketika sudah ada penyusup maka keadaan sekitar berubah menjadi arena kerusuhan dan hal ini yang coba dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk mengacaukan suasana.

"Polisi tentu punya data nanti diperiksa secara intensif dan profesional. Jadi nanti ketahuan apakah memang dia provokator, penggerak, pelaku atau ikut-ikutan," pungkasnya.

Sebelumnya, polisi meringkus 519 orang yang diduga sebagai perusuh dalam aksi demonstrasi pada kemarin malam hingga pagi dini hari tadi. Saat ini mereka diamankan di Polda Metro Jaya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6436 seconds (0.1#10.140)