Survei Pilkada Kabupaten Tangerang, Maesyal-Intan Ungguli Romli-Irvansah

Rabu, 21 Agustus 2024 - 12:54 WIB
loading...
Survei Pilkada Kabupaten...
Pasangan Moch Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah unggul dalam sejumlah survei di Pilkada Kabupaten Tangerang 2024. Foto/Istimewa
A A A
TANGERANG - Empat lembaga survei telah merilis hasil survei terbaru calon bupati untuk Pilbup Tangerang 2024. Dua nama yang dianggap paling kuat dalam kontestasi ini adalah Moch Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah dan Mad Romli-Irvansah.

Lembaga-lembaga survei yang merilis hasil tersebut adalah Lembaga Survei Indonesia (LSI), Indikator Politik Indonesia, Pandawa Research, Arus Survei Indonesia (ASI). Survei LSI pada simulasi 11 nama hingga head to head, dua kandidat nampak paling menonjol dan konsisten.

Di urutan teratas yakni Moch Maesyal Rasyid dan Mad Romli (H Ombi). Selisih dukungan keduanya tidak berbeda signifikan saat ini. Di simulasi head to head, Maesyal Rasyid memperoleh 40,6% dan Mad Romli (37,5).

Survei dari Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa Maesyal Rasyid memperoleh sebutan terbanyak dari masyarakat. Simulasi top of mind ini adalah simulasi untuk mengukur loyalitas dan spontanitas responden dalam menjawab siapa calon yang mereka pilih ketika survei dilakukan.

Maesyal Rasyid tetap unggul dengan persentase 22,3%, diikuti Mad Romli dengan 13,6%, sementara nama-nama lainnya memiliki persentase lebih rendah. Sebanyak 53,9% responden belum membuat keputusan.

Pandawa Research menunjukkan Mochamad Maesyal Rasyid berada di posisi teratas dengan dukungan 33,4%, dan pendukung kuat (strong supporters) 21,0%, serta tingkat pengenalan sebesar 66,1%. Mad Romli berada di posisi kedua dengan dukungan sebesar 24,3%, memiliki pendukung kuat sebesar 11,7%, dan tingkat pengenalan 76,4%.

Survei ASI menyatakan elektabilitas Maesyal Rasyid 42,2% (menduduki urutan pertama), disusul Mad Romli 33,2%. Sementara yang tidak tahu/tidak jawab 24,7%.

Survei ini dilakukan dengan metode wawancara tatap muka terhadap 4.560 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Survei dilaksanakan pada 28 Juli 2024 hingga 3 Agustus 2024

Sampel berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Tangerang yang terdistribusi secara proporsional. Sampel sebanyak 400 orang diambil dengan menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error) kurang lebih 5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Diketahui, partai-partai pendukung Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah terdiri dari Gerindra, PKS, NasDem, PKB, dan PAN. Projo Banten juga mendukung Moch Maesyal Rasyid. Kepastian ini disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Projo Banten Zulhamedy.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)