alexametrics

Joytram, Senjata Anyar Pemkot Depok Atasi Kemacetan yang Diyakini Ampuh

loading...
Joytram, Senjata Anyar Pemkot Depok Atasi Kemacetan yang Diyakini Ampuh
Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad. Foto/SINDOnews/Ratna Purnama
A+ A-
DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus mencari solusi untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di wilayahnya. Salah satunya dengan menerapkan konsep Joyfull Traffic Management (Joytram).

Dalam konsep ini diusung empat program yang bertujuan mengurai kemacetan di Kota Depok. "Ada empat kegiatan. Pertama, kita melepas bus untuk park and ride. Kedua, diberlakukan contra flow di Jalan Arif Rahman Hakim. Ketiga, pemutaran lagu hati-hati. Keempat, shelter ojek online," ujar Wali kota Depok Idris Abdul Shomad, Minggu (1/9/2019).

Untuk contra flow, sudah mulai diberlakukan di Jalan Arif Rahman Hakim sejak Sabtu (31/8) pukul 15.00 WIB. Sedangkan pemutaran lagu hati-hati yang dinyanyikan Idris, juga dimulai pada Sabtu (31/8) pagi.



Pemutaran lagu ini sudah ditentukan jadwalnya dan tidak diputar sepanjang hari. Lagu tersebut berdurasi maksimal selama satu menit. "Sudah diputar mulai Sabtu pukul 09.00 WIB, di Simpang Ramanda saja. Ada pengumuman imbauan dan juga lagu. Durasinya satu menit maksimal," paparnya.

Idris mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah pakar transportasi dan pakar manajemen lalu lintas terkait keputusan pemutaran lagu di lampu merah tersebut. "Termasuk masukan dari pusat juga, mereka juga sudah resmi merestui kebijakan ini," ucapnya.

Untuk tahap awal, lagu hanya diputar di lampu merah Simpang Ramanda. Namun nantinya akan dipasang di beberapa lampu merah lainnya. "Ini kan masih dalam kajian. Pertama dari sisi sarana dan prasarana, kedua dari sisi jaringannya. Kalau memang bisa efektif dan efisien untuk lampu merah yang memang relatif lebih mudah kita prioritaskan. Misalnya di Simpang juanda, Akses UI," kata dia.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wahana menambahkan, pihaknya akan terus mengembangkan program manajemen transportasi di Depok. "Untuk contra flow kami sudah mulai. Waktunya pukul 08.00-21.00 WIB," katanya.

Sedangkan untuk bus commuter akan melayani warga yang ingin berkeliling Margonda. Bus ini akan parkir di Balai Kota Depok dan bisa dimanfaatkan secara gratis. "Jadi memang untuk melayani warga," pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak