Ibu Kota Dipindah, Anies: Semoga Jakarta Miliki Lebih Banyak RTH

Rabu, 28 Agustus 2019 - 14:07 WIB
Ibu Kota Dipindah, Anies: Semoga Jakarta Miliki Lebih Banyak RTH
Ibu Kota Dipindah, Anies: Semoga Jakarta Miliki Lebih Banyak RTH
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan berharap kota Jakarta memiliki lebih banyak lagi Ruang Terbuka Hijau (RTH). Hal ini disampaikan Anies jelang wacana pemindahan Ibukota Indonesia ke pulau Kalimantan.

"Salah satu hal yang akan bermanfaat sekali bagi Jakarta adalah kita memiliki ruang hijau yang lebih banyak," ujar Anies di Gelanggang Olahraga Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, (28/8/2019).

Anies menambahkan. fasilitas-fasilitas di lokasi strategis bisa diubah untuk menjadi salah satu ruang terbuka hijau. "Itu salah satu, tentu tidak semua, tapi kami berharap bahwa sebagian dari fasilitas itu bisa dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Anies menuturkan, jika kedepannya kota Jakarta sudah banyak memiliki ruang terbuka hijau maka manfaatnya dirasakan oleh semua. "Kalau jadi ruang terbuka akan sangat bermanfaat sekali," ungkap Anies.

Saat ditanya lebih lanjut mengenai wilayah mana saja yang akan berpotensi dijadikan RTH setelah Jakarta tak lagi menjadi Ibukota negara, Anies belum dapat menjabarkan secara detail.

"Belum, saat ini kita sendiri belum mendengar tahap-tahap perpindahanya. Saat ini terlalu awal untuk mendiskusikan tentang fasilitas di Jakarta. Karena di sananya pun belum ada gedungnya dan kita belum tahu urutan perpindahnnya seperti apa," kata Anies.

Anies juga berkeinginan, setelah kota Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota negara maka lahan pusat pemerintahan yang sudah tidak terpakai selain dapat dijadikan RTH, juga dapat dijadikan ruang lain yang dapat dirasakan masyarakat.

"Nanti kita tunggu, kita berharap bahwa salah satu rencana pemanfaatan bukan untuk terbuka hijau saja, tapi juga ruang terbuka biru. Artinya untuk taman, kolam, dan air. Kita berharap bisa terjadi," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6677 seconds (0.1#10.140)